Rabu 15 May 2019 04:00 WIB

Kreasi Kurma Ramadhan

Kurma bisa diolah menjadi beragam menu menarik.

Foto: Republika
Kreasi Kurma Ramadhan

REPUBLIKA.CO.ID, Kurma adalah buah yang dianjurkan dalam Islam sebagai pembatal puasa. Kurma penuh gizi karena mengandung karbohidrat, serat, gula, protein, vitamin B6, zat besi, magnesium, dan potassium.

Kurma juga diketahui kaya akan sentawa antioksidan bernama polifenol. Polifenol dapat melindungi tubuh dari inflamasi. Kurma diketahui mengandung lebih banyak polifenol dibandingkan buah atau sayuran lain.

Tak hanya dimakan apa adanya, ada beberapa kreasi kurma yang bisa dicoba untuk santap Ramadhan.

Susu kurma

Cara membuatnya sangat mudah. Cukup blender susu putih dengan beberapa butir kurma sesuai selera. Tambahan es batu saat memblender agar lebih segar.

Kurma keju

Kurma keju juga mudah dibuat. Cukup belah dua kurma lalu selipkan sepotong keju di bagian tengah. Kejunya bisa dipilih sesuai selera. Tambahkan taburan kacang pistasio untuk memberi tekstur renyah.

Salad buah

Jika biasanya salad hanya berisi buah-buahan seperti apel, pir, melon, coba tambahkan rajangan kurma ke dalamnya. Kurma bisa jadi pemanis salad yang menyehatkan.

Nasi kebuli

Ganti potongan kismis di nasi kebuli dengan rajangan kurma. Rasa gurih kebuli akan berpadu serasi dengan manisnya kurma dan asam dari acar timun nanas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement