Rabu 15 May 2019 13:59 WIB

Marhaban Yaa Ramadhan

Kompilasi foto suasana pekan pertama Bulan Ramadhan .

Rep: Republika/ Red: Yogi Ardhi

Pemantauan hilal di atas masjid Al-Musariin,Basmol, Jakarta, Ahad (5/5). (FOTO : Prayogi/Republika)

Sejumlah anak ngabuburit di rel Kereta Api di kawasan Stasiun Kiaracondong, Kota Bandung, Jumat (10/5). (FOTO : Abdan Syakura)

Suasana buka bersama di Masjid Jogokaryan, DIY, Jumat (10/5) (FOTO : Wihdan Hidayat/Republika)

Seorang jamaah membaca Al-Quran di Masjid At-Tin, Jakarta, Ahad (12/5). (FOTO : Putra M Akbar/Republika)

Umat muslim memadati Sholat Jum’at pertama pada bulan suci Ramadhan 1440 di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Jum’at (10/5). (FOTO : Fakhri Hermansyah)

Warga menyantap menu berbuka puasa untuk umat muslim dan warga setempat di Wihara Dharma Bakti, Jakarta, Sabtu (11/5). (FOTO : Republika/Prayogi)

inline

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bulan suci yang dinanti-nanti umat Islam telah tiba. Ditandai dengan penampakan bulan baru di ufuk barat. Bulan suci Ramadhan pun tiba. Umat muslim berduyun-duyun menunaikan Tarawih pertama.

 

Ramadhan diisi dengan berbagai kegiatan ibadah. Mulai dari shalat wajib berjamaah, shalat sunat, tadarus, dan berbagai kegiatan kajian.  Di masjid-masjid jami, kampus hingga sekolah menengah.

 

Ngabuburit kosakata Bahasa Sunda yang menasional kembali bergema pada Ramadhan. Melewatkan waktu menuju sore menunggu saat berbuka. Sejenak melupakan rasa haus dan lapar.

 

Puncaknya menjelang matahari terbenm. Acara buka bersama menjadi salah satu kegiatan yang dilakukan selama Ramadhan. Baik yang diselenggarakan oleh takmir masjid atau komunitas tionghoa di kelenteng. Kegembiraan saat berbuka menjadi milik bersama.

Marhaban Yaa Ramadhan, selamat datang bulan yang mulia.

sumber : Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement