Selasa 18 Jun 2019 11:31 WIB

Tradisi Mencuci Karpet Usai Lebaran

Mencuci karpet masjid setelah hampir sebulan penuh digunakan selama Ramadhan..

Rep: Yogi Ardhi/ Red: Yogi Ardhi

Warga Desa Sukamenak memilah karpet masjid yang akan dicuci di aliran Sungai Sungapan, Soreang, Kabupaten Bandung, Ahad (17/6). (FOTO : Yogi Ardhi/Republika)

Warga Desa Sukamenak mencuci karpet masjid di aliran Sungai Sungapan, Soreang, Kabupaten Bandung, Ahad (17/6). (FOTO : Yogi Ardhi/Republika)

Warga Desa Sukamenak mencuci karpet masjid di aliran Sungai Sungapan, Soreang, Kabupaten Bandung, Ahad (17/6). (FOTO : Yogi Ardhi/Republika)

Warga Desa Sukamenak membawa gulungan karpet masjid yang telah dicuci di aliran Sungai Sungapan, Soreang, Kabupaten Bandung, Ahad (17/6). (FOTO : Yogi Ardhi/Republika)

Warga Desa Sukamenak menjemur gulungan karpet masjid yang telah dicuci di aliran Sungai Sungapan, Soreang, Kabupaten Bandung, Ahad (17/6). (FOTO : Yogi Ardhi/Republika)

Gulungan karpet masjid yang telah dicuci di aliran Sungai Sungapan dijemur di sekitar Bendungan Cibeureum, Soreang, Kabupaten Bandung, Ahad (17/6). (FOTO : Yogi Ardhi/Republika)

Warga sekitar membawa penganan yang akan disantap bersama sambil menunggu kering karpet masjid setelah dicuci di aliran Sungai Sungapan, Soreang, Kabupaten Bandung, Ahad (17/6). (FOTO : Yogi Ardhi/Republika)

inline

REPUBLIKA.CO.ID, SOREANG -- Bagi wisatawan yang menuju kawasan Ciwidey, Kabupaten Bandung Jawa Barat  melalui Kota Kecamatan Soreang, akan melintasi daerah Sungapan. 

Di sini terdapat bendungan irigasi Cibeureum yang digunakana warga untuk mencuci karpet, khususnya karpet masjid. Karpet masjid yang biasanya selama bulan Ramadhan lebih sering digunakan warga beribadah.

Tradisi yang telah berlangsung sejak lama ini pun menjadi ajang wisata tersendiri oleh warga. Setelah selesai mencuci, sambil menunggu karpet dijemur mereka mengisinya dengan kegiatan 'botram'. Makan bersama di bawah rindangnya pepohonan yang ada disekitar bendungan.

Warga yang datang pun tidak hanya dari daerah sekitar bendungan. Beberapa menyengaja datang dari daerah yang lebih jauh seperti dari kota Bandung misalnya. Tidak hanya setelah lebaran, tradisi mencuci karpet ini pun kadang dilakukan beberapa minggu menjelang Ramadhan.  

sumber : Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement