Jumat 19 Jul 2019 04:00 WIB

3 Lembah Madinah yang Pernah Disinggahi Rasulullah

Rasulullah pernah singgah untuk shalat dan melepas lelah.

Foto: republika
Lembah di Madinah yang pernah singgahi Rasulullah SAW

REPUBLIKA.CO.ID, Di Madinah, sebagai pusat perabadan Islam pada masa awal, tercatat sejumlah lembah yang pernah menorehkan sejarah. Lembah-lembah tersebut pernah disinggahi Rasulullah SAW, baik untuk shalat atau menghilangkan lelah.

Lembah itu dilengkapi dengan sumber mata air yang menghijaukan kawasan sekelilingnya. Berikut ini di antara lembah-lembah yang pernah disinggahi oleh Rasulullah SAW selama berada di Madinah:

 Ø Aqiq

Lembah yang terletak di sisi barat Kota Madinah ini merupakan satu yang paling terkenal. Dalam riwayat Bukhari, Rasulullah pernah melakukan shalat di sana. Lembah ini pernah dijadikan sebagai pusat peradaban dua dinasti Islam, yakni Abbasiyah dan Ummayah. Sejumlah khalifah mendirikan istana dan puing-puingnya masih bisa ditemukan hingga sekarang.

Ø Buthhan

Lembah ini erupakan lembah yang utama di Madinah. Bahkan merujuk riwayat Aisyah, lembah ini istimewa seolah berada di atas sunga-sungai surga. Riwayat Bukhari menyebutkan Rasul pernah berwudhu di Buthhan dan melaksanakan shalat Ashar ketika Perang Khandaq. Lembah ini juga menduduki peran penting sepanjang sejarah peradaban pra-Islam

Ø Qanat

Lembah yang juga dinamakan Syandha ini terletak di Timur Laut Madinah. Qanat pernah menjadi lokasi persiapan tentara Rasul sebelum berperang di Uhud. Hamzah bin Abd al-Muthalib, paman Rasul dimakamkan di sini.

 

Pengolah:  Nashih Nashrullah

Sumber: dari berbagai sumber

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement