Kamis 08 Aug 2019 16:34 WIB

Hikmah Puasa Arafah

Puasa sunah Arafah kali ini bertepatan pada Sabtu, 10 Agustus.

Foto: Republika/mgrol 101, mardiah
ilustrasi puasa sunah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sahabat, jangan lupa untuk berpuasa sunah Arafah pada 9 Dzulhijah mendatang atau pada Sabtu, 10 Agustus 2019.

Ya, bulan Dzulhijah mengandung banyak keistimewaan. Inilah masa ketika musim haji berlangsung. Selain itu, Idul Adha juga dirayakan. Puasa-puasa sunah juga dianjurkan pada 10 hari pertama bulan ini. Apalagi, pada hari kesembilan karena faedahnya ditegaskan Nabi SAW sebagai penggugur dosa.

Baca Juga

Rasulullah SAW bersabda, "Puasa Arafah (tanggal 9 Dzulhijah) dapat menghapuskan dosa satu tahun yang lalu dan satu tahun yang akan datang.” (HR Muslim). Menurut Imam Syafii, puasa Arafah disunahkan bagi mereka yang tidak sedang berhaji di Tanah Suci.

Orang yang sedang wukuf di Arafah tidak disunahkan puasa ini. Dalam hadits riwayat Bukhari-Muslim disebutkan, "Dari Ummul Fadhl binti Al Harits, (diketahui bahwa) orang-orang saling berbantah di dekatnya pada hari Arafah tentang apakah Nabi SAW berpuasa. Sebagian dari mereka berkata, 'Beliau berpuasa.' Sebagian lain berkata, 'Beliau tidak berpuasa.' Kemudian, Ummul Fadhl mengirimkan semangkok susu kepada beliau, ketika beliau sedang berhenti di atas unta beliau, maka beliau meminumnya."

Pengolah: Hasanul Rizqa

Sumber: Republika.co.id

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement