Rabu 14 Aug 2019 20:54 WIB

Kebakaran Lahan di Sumatera dan Jawa

.

Rep: Antara/ Red: Yogi Ardhi

Kebakaran hutan gunung Sumbing terus meluas di foto dari Desa Adipura, Kaliangkrik, Magelang, Jawa Tengah, Rabu (14/8) (FOTO : Anis Efizudin/Antara)

Anggota SAR menunjukkan lokasi kebakaran hutan gunung Sumbing di Desa Adipura, Kaliangkrik, Magelang, Jawa Tengah, Rabu (14/8) (FOTO : Anis Efizudin/Antara)

Sejumlah warga berjalan di areal perladangan berlatar belakang kebakaran hutan gunung Sumbing di Desa Adipura, Kaliangkrik, Magelang, Jawa Tengah, Rabu (14/8) (FOTO : Anis Efizudin/Antara)

Asap membumbung tinggi dari lahan yang terbakar di Muara Medak, Bayung Lincir, Musi Banyuasin (Muba), Sumatera Selatan, Rabu (14/8) (FOTO : Nathan/Antara)

Asap membumbung tinggi dari lahan yang terbakar di Muara Medak, Bayung Lincir, Musi Banyuasin (Muba), Sumatera Selatan, Rabu (14/8) (FOTO : Nathan/Antara)

Petugas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dengan Helikopter MI-18, melakukan pemadaman kebakaran lahan dan hutan dari udara (water boombing) di Muara Medak, Bayung Lincir, Musi Banyuasin (Muba), Sumatera Selatan, Rabu (14/8) (FOTO : Nathan/Antara)

Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kampar menarik selang ketika mencari sumber air untuk melakukan pemadaman kebakaran hutan dan lahan di Desa Kualu, Kabupaten Kampar, Riau, Rabu (14/8) (FOTO : Ronny Muharman/Antara)

Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kampar menurunkan mesin dan selang ketika mencari sumber air untuk memadamkan api yang membakar hutan dan lahan di Desa Kualu, Kabupaten Kampar, Riau, Rabu (14/8) (FOTO : Ronny Muharman/Antara)

Suasana kawasan sekitar Jembatan Pedestrian Gentala Arasy di atas aliran Sungai Batanghari yang diselimuti kabut asap tipis di Jambi, Rabu (14/8) (FOTO : Wahdi Septiawan/Antara)

inline

REPUBLIKA.CO.ID, GUNUNG SUMBING -- Kebakaran laban dan hutan terus terjadi di beberapa titik di pullu Sumatera. Kali ini di Pulau Jawa pun terjadi kebakaran lahan hutan. Kebakaran hutan gunung Sumbing di Desa Adipura, Kaliangkrik, Magelang, Jawa Tengah, Rabu (14/8). Kebakaran hutan gunung Sumbing terjadi sejak tiga hari lalu di wilayah kabupaten Wonosobo dan menjalar ke wilayah kabupaten Magelang yang menghanguskan puluhan hektar hutan dan ilalang.

 

Sementara itu kebakaran  di Muara Medak, Bayung Lincir, Musi Banyuasin (Muba), Sumatera Selatan Terus meluas.. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Selatan mengoperasionalkan tiga helikopter untuk memadamkan kebakaran tersebut. 

 

Di utara Pulau Sumatera Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kampar kesulitan  mencari sumber air untuk memadamkan api yang membakar hutan dan lahan di Desa Kualu, Kabupaten Kampar, Riau. Sulitnya sumber air di lokasi yang terbakar membuat petugas kewalahan memadamkan api kebakaran lahan gambut tersebut. 

 

Pada waktu yang sama kebakaran di Jambi menyebabkan Kota Jambi masih terdampak kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di beberapa daerah di provinsi itu sejak Juli hingga Agustus tahun ini dengan jarak pandang terendah 2.700 meter pada awal Agustus lalu, namun belum memengaruhi aktivitas penerbangan. 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement