Jumat 06 Sep 2019 00:12 WIB

3 Tradisi Unik Peradaban Islam yang Menginspirasi Dunia

Peradaban Islam turut berkonstribusi melengkapi peradaban yang sudah eksis sebelumnya

Foto: republika
Tradisi Islam yang menginspirasi dunia.

REPUBLIKA.CO.ID, 3 Tradisi Unik Peradaban Islam yang Menginspirasi Dunia

Sunah peradaban adalah saling melengkapi dalam berbagai hal, termasuk soal tradisi dan budaya. Peradaban Islam sepanjang eksistensinya turut berkontribusi menciptakan dan terkadang melengkapi tradisi-tradisi peradaban yang pernah eksis sebelumnya.

Berikut ini  beberapa tradisi peradaban Islam yang berhasil menginspirasi dunia. Kebiasaan tersebut hingga kini masih bertahan dan menjadi khazanah yang berharga:   

•    Marching Band

Marching band marak ketika era senjata mesiu bubuk (gunpowder era) pada abad ke-15. Konon pertama kali dipopulerkan militer Turki Ottoman terutama oleh Korps elite militer Janissary. Ottoman mulai mempergunakannya pada abad 13 M dengan sebutan mehter band.   

•    Gelar Sarjana

Universitas Qairuwan yang didirikan pada 859 M oleh Fatimah al-Fihri di Maroko menjadi pioner pemberian gelar. Sistem diterapkan secara luas di Eropa melalui Muslim Spanyol. Universitas Bologna di Italia yang berdiri pada abad ke-11 dan dan Oxford di Inggris pada abad ke-12 M menerapkan sistem ijazah tersebut. 

•    Minum Kopi

Tradisi minum kopi tersebut muncul dari Yaman  pada 1400 M dan menjadi minuman favorit.  Minuman ini lantas banyak dikenal terutama pada masa Turki Ottoman dan menyebar di Kairo, Istanbul, Damaskus, dan Baghdad. Minuman kopi mask ke Eropa melalui jalur kota perdagangan, Venesia.

Pengolah: Nashih Nashrullah

Sumber: berbagai sumber

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement