Selasa 24 Sep 2019 04:00 WIB

3 Jejak Nabi Yusuf di Mesir dan Palestina

Nabi Yusuf memiliki kedudukan istimewa dalam tiga agama samawi.

Foto: republika
Jejak Nabi Yusuf AS (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Nabi Yusuf AS merupakan salah satu nabi yang memiliki kedudukan istimewa dalam tiga agama samawi, yakni Yahudi, Kristen dan Islam. Putra dari Nabi Ya’qub tersebut diperintahkan berdakwah untuk Bangsa Kan’an dan Firaun di Mesir. Kisahnya diabadikan dalam Alquran. Nama Yusuf terulang sebanyak 27 kali dalam Alquran. Berikut beberapa titik situs yang berkaitan dengan riwayat sejarah perjalanan Nabi Yusuf AS:

•    Pemandian Zulaikha

Situs yang saat ini terletak di Desa el-Azizia, Giza, Mesir ini kini telah berubah bentuk menjadi lahan pertanian.  Zulaikha bersama dayang-dayangnya konon kerap mandi di pemandian tersebut. Di tempat ini pula lah, diyakini para perempuan memotong tangan mereka terkait fitnah yang dilontarkan Zulaikha (QS Yusuf: 50-51).

•    Penjara

Situs yang diyakini sebagai penjara Nabi Yusuf tersebut terletak di Desa Bushir, Giza, Mesir. Di sinilah Yusuf AS mendekam di penjara selama beberapa tahun  (QS Yusuf : 33). 

•    Sumur

Sumur yang berada di Nablus, Palestina ini diyakini sebagai tempat pembuangan Yusuf oleh 11 saudaranya sewaktu kecil. (QS Yusuf: 12).

Pengolah: Nashih Nashrullah

Sumber: berbagai sumber

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement