Jumat 01 Nov 2019 04:07 WIB

3 Bencana Alam Besar dalam Alquran

Tiga bencana besar ini disebutkan dalam Alquran.

Foto: republika
Bencana alam yang tercatat dalam Alquran

REPUBLIKA.CO.ID, Dalam perjalanan peradaban manusia pernah beberapa kali terjadi peristiwa besar yang hampir memutuskan mata rantai peradaban itu sendiri. Perubahan itu disebabkan oleh serentetan peristiwa  bencana besar seperti banjir, gempa bumi, dan letusan gunung berapi.

Dalam Alquran hampir semua musibah dan bencana yang menimpa suatu kaum selalu terkait dengan kekufuran dan keingkaran mereka kepada Allah. Berikut tiga bencana besar pada peradaban kuno yang pernah disebutkan dalam Alquran:

➢    Banjir Bandang

Perisitiwa banjir pada zaman Nabi Nuh merupakan banjir besar sepanjang sejarah. Karena hanya menyisakan mereka yang berada di atas kapal Nabi Nuh (QS asy-Syu’ara [26] : 117-119). 

➢    Hujan Batu 

Hujan batu yang terjadi di Kota Sodom yang sekarang dikenal perbatasan Israel Yordania atau Laut Mati disebabkan karena kaum Nabi Luth AS melakukan perbuatan menyimpang, yakni suka terhadap sesama jenis (LGBT). hujan batu seperti dikisahkan dalam Alquran surah Hud  [11] : 82.

➢    Gempa Bumi

Gempa bumi pada zaman Nabi Syu’aib AS juga begitu besar karena mampu meluluhlantahkan seluruh kota tempat Nabi Syuai’b berdakwah yakni Yordania sekarang. Allah hanya menyelamatkan Nabi Syu’aib dan orang-orang yang beriman bersamanya. Penyelamatan terhadap orang-orang terbatas ini diabadikan dalam surah Hud : 94-95.

Sumber: republika/dari berbagai sumber

Pengolah: Nashih Nashrullah

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement