Ahad 03 Nov 2019 11:03 WIB

3 Universitas dalam Peradaban Islam

3 universitas ini masih bertahan hingga saat ini.

Foto: republika
Universitas di masa peradaban Islam (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, Perguruan tinggi, sebagai penopang tradisi keilmuan tersebut turut andil untuk membawa peradaban Islam ke puncak kejayaannya. Bahkan, menurut Ednan Aslan dalam 'Islamic Education in Europe', ketika Barat masih berada di zaman Dark Age, kegemilangan ilmu pengetahuan telah menyelimuti dunia Islam. Berikut ini di antara perguruan tinggi Islam yang masih bertahan hingga kini:

➢    Al-Qarawiyyin  Maroko

Universitas Qairuwan atau University of Kairaouine ini merupakan universitas tertua di dunia. Melahirkan tokoh penting, seperti Moses Maimonides, Leo Africanus, Ibnu Khaldun dan al-Idrisi. Kampus yang bermula dari masjid ini didirikan Fatimah binti Muhammad al-Fihr pada 859 M di Fez, Maroko. Era kejayaan Universitas al-Qarawiyyin berlangsung pada abad 12-15.

➢    Al-Azhar Mesir 

Lahir dari Masjid al-Azhar Syiah Ismailiyah dari Bani Fatimiyyah sekitar 970-972 M. Format pendidikan di al-Azhar relatif informal pada masa-masa awal. Universitas pemberi gelar tertua kedua di dunia. Al-Azhar berada ke tangan Sunni setelah Shalahuddin al-Ayyubi menaklukkan Mesir paruh kedua abad ke-12.

➢    Az-Zaytuna

Perguruan tinggi yang berada di Tunisia ini didirikan Imam Ubaidillah ibn Habhab pada 737 M/120 H. Kampus yang berembrio dari masjid ini didirikan atas perintah salah seorang penyebar Islam di kawasan Tunisia yaitu, Imam Hassan ibn Nu’uman. Universitas ini  menjadi perguruan tinggi berpengaruh pada awal abad ke-13 M.

Pengolah: Nashih Nashrullah

Sumber: dari berbagai sumber

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement