Kamis 28 Nov 2019 04:03 WIB

3 Olahraga Favorit Rasulullah SAW

Rasulullah menyarankan olah raga memanah, berkuda, dan berenang.

Foto: republika
Olahraga Rasulullah SAW.

REPUBLIKA.CO.ID, Salim al-Hassani dalam artikelnya 'A 1000 Years Amnesia: Sports in Muslim  Heritage' mengungkapkan, selain sains dan teknologi, banyak  yang mengagungkan Eropa sebagai kiblat olahraga. Padahal, tiap kebudayaan  memiliki olahraga khas, termasuk Islam.

Rasulullah seperti riwayat Bukhari dan Muslim menganjurkan orangtua untuk mengajarkan  anaknya berenang, menunggang kuda, dan memanah. Berikut uraian singkat olah raga yang pernah ditekankan oleh Rasulullah SAW itu:

1.    Memanah 

Memanah termasuk olahraga tertua. Sudah ada sejak zaman batu (20 ribu sebelum Masehi). Rasulullah sendiri merupakan pemanah dan memiliki tiga busur. Sahabat Sa'ad bin Abi Waqash dikenal sebagai pemanah andal. 

2.    Berkuda

Rasul menyerukan agar generasi muda, pada masa itu, mahir berkuda. Kemahiran berkuda merupakan kemampuan dasar yang mesti dimiliki pria ketika itu. Selain untuk berburu, ketangkasan berkuda adalah penopang penting dalam peperangan. 

3.    Berenang

Selain menyerukan olahraga berkuda, memanah, Rasulullah juga menganjurkan agar umatnya bisa berenang. Selain memerlukan kekuatan fisik olah raga ini juga membutuhkan intelektualitas tinggi pada pelakunya. Pada zaman kejayaan Islam, pasca-Nabi Muhammad Saw (antara tahun 750-1924), kekuatan para prajurit Islam benar-benar tertumpu pada keahlian berkuda, memanah, dan berenang.

Pengolah: Nashih Nashrullah, Sumber: berbagai sumber

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement