Jumat 13 Dec 2019 17:06 WIB

Jokowi Lantik Dewan Pertimbangan Presiden

.

Rep: Dessy Suciati Saputri, Akbar Nugroho Gumay/ Red: Yogi Ardhi

Sejumlah Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) membacakan sumpah saat upacara pelantikan di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (13/12/2019). (FOTO : Antara/Akbar Nugroho Gumay)

Presiden Joko Widodo (kanan) berjabat tangan dengan Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Wiranto (kiri) usai pelantikan di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (13/12/2019). (FOTO : Antara/Akbar Nugroho Gumay)

Presiden Joko Widodo (kanan) berjabat tangan dengan Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Soekarwo (ketiga kiri) disaksikan Anggota Wantimpres Agung Laksono (kedua kiri) dan Sidharto Danusubroto (ketiga kiri) usai pelantikan di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (13/12/2019). (FOTO : Akbar Nugroho Gumay/ANTARA FOTO)

Presiden Joko Widodo (kanan) berjabat tangan dengan Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Agung Laksono (kedua kiri) usai pelantikan di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (13/12/2019). (FOTO : Antara/Akbar Nugroho Gumay)

Calon Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres), dari kiri, Agung Laksono, Sidharto Danusubroto, Arifin Panigoro, Soekarwo, Putri Kuswisnu Wardani, M Mardiono dan Dato Sri Tahir berpose sebelum upacara pelantikan di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (13/12/2019). (FOTO : Antara/Akbar Nugroho Gumay)

inline

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menunjuk dan melantik sembilan anggota Dewan Pertimbangan Presiden di Istana Negara, Jakarta, Jumat (13/12) sore ini. Jokowi menyebut, penunjukan kesembilan tokoh tersebut dilakukan dengan mempertimbangkan berbagai hal, termasuk rekam jejak, kapabilitas, dan integritas. 

"Saya kira beliau-beliau ini memiliki kapasitas untuk memberikan nasihat dan pertimbangan kepada presiden baik diminta ataupun tidak minta. Saya kira beliau-beliau memiliki kapasitas," ujar Jokowi usai pelantikan.

Dari sembilan figur yang ditunjuk, nama mantan Menkopolhukam Wiranto dipilih sebagai ketua Wantimpres. Menurut Jokowi, Wiranto memiliki pengalaman dan rekam jejak yang panjang di pemerintahan.

Ia juga di dinilai mampu menangani berbagai masalah sekaligus memberi nasehat dan pertimbangan kepada Presiden. "Ya tadi kan saya sampaikan masalah pengalaman, track record, pak Wiranto kan track record dan pengalamannya saya kira sudah panjang di pemerintahan, menangani banyak masalah," jelas dia.

Selain Wiranto, sejumlah nama yang dilantik menjadi anggota wantimpres yakni Sidarto Danusubroto, Agung Laksono, Putri Kuswisnuwardani, Arifin Panigoro, Dato Sri Tahir, Mardiono, Habib Lutfi bin Yahya, dan juga Soekarwo. 

sumber : Republika, Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement