Jumat 20 Dec 2019 04:11 WIB

3 Masjid Saksi Bisu Rasul SAW Beribadah di Madinah

Sejumlah masjid di Madinah pernah digunakan Rasulullah untuk mendirikan shalat.

Foto: republika
Masjid di Madinah yang pernah digunakan Rasulullah untuk shalat.

REPUBLIKA.CO.ID, Madinah merupakan kota suci umat Islam yang bersejarah. Kota ini tidak hanya meninggalkan Masjid Nabawi, lokasi makam Rasulullah SAW berada. Tetapi menyisakan pula saksi bisu sejumlah masjid yang pernah digunakan Rasulullah untuk mendirikan shalat.  Jumlahnya mencapai puluhan. Berikut ini sebagian masjid yang pernah dipilih Rasul sebagai lokasi beribadah: 

Masjid Jumat

Masjid yang terletak di barat daya Kota Madinah tersebut, adalah lokasi pelaksanaan shalat Jumat pertama kali oleh Rasulullah beserta rombongan ketika habis singgah dari Quba menuju Madinah. Jaraknya dari Masjid Quba sekira 900 meter.

Masjid Sujud

 

Masjid as-Sajdah berada sekira 900 meter utara Masjid Nabawi. Di sinilah Rasulullah melakukan sujud paling lama sebagai bentuk rasa syukur. Ketika itu, seperti riwayat Abdurahman bin Auf, Jibril memberi kabar gembira kepada Rasul. Sebab itulah, masjid ini juga disebut sebagai Masjid a-Syukr. Dalam riwayat al-Bazar, pahala shalat di masjid yang dikenal pula dengan sebutan Masjid Abu Dzar al-Ghifar ini setara dengan 10 kebaikan.

Masjid Ghamamah

Dinamakan Ghamamah, yang berarti mendung dalam bahasa Arab, lantaran ketika shalat di masjid ini, awan mendung melindungi Rasul dari teriknya matahari. Masjid yang berlokasi 500 meter dari barat daya pintu as-Salam Masjid Nabawi ini, diyakini pernah menjadi lokasi shalat id Rasul. Masjid ini mengalami beberapa kali renovasi dan kini tak lagi difungsikan karena keberadaan Masjid Nabawi. 

Pengolah: Nashih Nashrullah, Sumber: berbagai sumber

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement