Rabu 25 Dec 2019 14:30 WIB

Gereja dari Masjid di Palermo

Palermo pernah dijuluki kota 300 masjid.

Foto: republika
Masjid di Palermo.

REPUBLIKA.CO.ID,  Selama beberapa abad Islam pernah menguasai Palermo kota penting di Pulau Sisilia Italia. Kentalnya nuansa Islam menjadikan wilayah ini lekat dengan julukan ‘Kota 300 Masjid’.

Sebutan itu disematkan karena kota itu banyak berdiri gereja yang konon adalah masjid yang berubah fungsi setelah transisi kekuasaan ketika Dinasti Norman yang menganut paham Katolik berkuasa pada sekitar 1044 M.

Berikut ini masjid yang beralihfungsi menjadi gereja di Italia: 

•    San Giovanni degli Eremit

Gereja St John of the Hermit ini dibangun pada 1132 M di tepi barat distrik Albergheria. Lima kubah bulat merah sebagai penutup atap yang biasa digunakan pada masjid.  Sejak awal dirancang untuk masjid. 

•    Kepel Palatina

Palatine Chapel atau Capella Palatina adalah sebuah  kapel (gereja kecil) yang terdapat di Istana Palazzo Reale di Kota Palermo. Kapel ini dibagun pada 1132 M. Arsitektur ini merupakan perpaduan antara gaya Binzantium dengan Arab. Satu-satunya gereja dengan muqarnas pada langit-langinya. Muqarnas adalah hiasan berbentuk sarang lebah yang selama ini hanya ada pada arsitektur  Islam.   

•    Gereja Martorana

Gaya arsitektur yang melekat pada Gereja Santa Maria de’ll’ Ammiraglio ini dibangun pada tahun 1143 M ini merupakan gaya arsitektur campuran antara Yunani dengan Arab. Pada 1148 M, seorang musafir Arab bernama Ibnu Jibair mengunjungi gereja ini dan menyanjungnya dengan sebutan  “monumen terindah di dunia”. Satu-satunya gereja dengan kaligrafi Arab Alquran. 

Pengolah: Nashih Nashrullah

Sumber: dari berbagai sumber

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement