Ahad 22 Dec 2019 23:28 WIB

Kementerian BUMN Luncurkan Program Anti Kekerasan Seksual

Program ini diluncurkan untuk melindungi para karyawan perempuan di lingkungan kerja..

Rep: Prayogi/ Red: Edwin Dwi Putranto

Menteri BUMN Erick Thohir bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani dan menteri ketenagakerjaan Ida Fauziyah bernyanyi pada perayaan Hari Ibu Kerja Profesional tanpa Pelecehan Seksual di Jakarta, Ahad (22/12). (FOTO : Republika/Prayogi)

Menteri BUMN Erick Thohir bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani dan menteri ketenagakerjaan Ida Fauziyah saat hadir pada perayaan Hari Ibu Kerja Profesional tanpa Pelecehan Seksual di Jakarta, Ahad (22/12). (FOTO : Republika/Prayogi)

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah melakukan monolog pada perigatan Hari Ibu Kerja Profesional tanpa Pelecehan Seksual di Jakarta, Ahad (22/12). (FOTO : Republika/Prayogi)

Menteri Keuangan Sri Mulyani melakukan monolog pada perigatan Hari Ibu Kerja Profesional tanpa Pelecehan Seksual di Jakarta, Ahad (22/12). (FOTO : Republika/Prayogi)

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati (tengah), Direktur Bank Mandiri Alexandra Askandar (kiri) dan Direktur PGN Desima E Siahaan (kanan) menunjukan kampanye #gerakansayaberani pada perigatan Hari Ibu Kerja Profesional tanpa Pelecehan Seksual di Jakarta, Ahad (22/12). (FOTO : Prayogi/Republika)

Menteri BUMN Erick Thohir melayani foto bersama usai mengikuti perayaan Hari Ibu Kerja Profesional tanpa Pelecehan Seksual di Jakarta, Ahad (22/12). (FOTO : Republika/Prayogi)

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati (dua kanan), Direktur Bank Mandiri Alexandra Askandar (tiga kanan) dan Direktur PGN Desima E Siahaan (kanan) menunjukan kampanye #gerakansayaberani pada perigatan Hari Ibu Kerja Profesional tanpa Pelecehan Seksual di Jakarta, Ahad (22/12). (FOTO : Republika/Prayogi)

inline

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) meluncurkan program Anti Kekerasan Seksual di Jakarta, Ahad (22/12). Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan program ini diluncurkan untuk melindungi para karyawan khususnya perempuan di lingkungan kerja.

"Setiap 30 menit terdapat dua kekerasan seksual terjadi di Indonesia, baik di rumah, ruang publik, dan juga banyak terjadi di tempat kerja. Sekecil apapun pelecehan seksual tidak dapat kita biarkan," kata Erick dalam acara Peringatan Hari Ibu: Kerja Profesional Tanpa Kekerasan Seksual, Ahad (22/12).

 

Program Anti Kekerasan Seksual yang diliuncurkan ini terdiri dari tiga langkah strategis. Langkah pertama yaitu membuka akses saluran pengaduan sebesar-besarnya hingga level tertinggi atau disebut juga dengan layanan Letter to Ceo. 

 

Langkah kedua yaitu memberikan penguatan hukum di lingkungan BUMN untuk memastikan sistem pemberian hukuman benar-benar diterapkan.

 

Langkah terakhir adalah membangun kesadaran tentang Anti Kekesaran Seksual kepada seluruh pegawai BUMN. Salah satunya melalui kampanye #gerakansaya berani. Kampanye ini diharapkan dapat mendorong korban pelecehan agar berani melaporkan. 

sumber : Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement