Senin 30 Mar 2020 15:55 WIB

Akses Satu Pintu Perumahan Warga Cegah Corona

Banyak warga dari kota dengan kasus positif corona mudik kembali ke kampung asal..

Red: Yogi Ardhi

Warga melintas di depan spanduk penutupan jalan masuk Desa Kalasan, Sleman, DI Yogyakarta, Senin (30/3). Sejumlah desa atau perkampungan di Kota dan Kabupaten di DI Yogyakarta memberlakukan akses satu pintu masuk dengan menutup sejumlah jalan untuk mengurangi aktivitas warga sebagai upaya mencegah penularan COVID-19. (FOTO : ANTARA FOTO)

Warga melintas di depan spanduk penutupan jalan masuk Desa Bogem, Kalasan, Sleman, DI Yogyakarta, Senin (30/3). Sejumlah desa atau perkampungan di Kota dan Kabupaten di DI Yogyakarta memberlakukan akses satu pintu masuk dengan menutup sejumlah jalan untuk mengurangi aktivitas warga sebagai upaya mencegah penularan COVID-19. (FOTO : ANTARA FOTO)

Warga berjalan memasuki kawasan RW04 Cipinang Melayu, Jakarta, Ahad (29/3). Untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19, masyarakat setempat menutup sebagian akses di wilayah itu karena ada satu warga yang berstatus sebagai Orang Dalam Pemantauan (ODP). (FOTO : ANTARA /Rivan Awal Lingga)

Warga menyemprotkan cairan disinfektan secara mandiri kepada masyarakat yang memasuki desa di Desa Sampih, Wonopringgo, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, Senin (30/3/20). Sejumlah desa di Kabupaten Pekalongan mulai memberlakukan akses satu pintu masuk utama dan menutup pintu lainnya serta mewajibkan warga yang datang di cek suhu badan serta disemprot cairan disinfektan untuk mencegah menyebarnya virus Corona (COVID-19) (FOTO : ANTARA FOTO)

Warga menutup salah satu pintu masuk di Desa Sampih, Wonopringgo, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, Senin (30/3/20). Sejumlah desa di Kabupaten Pekalongan mulai memberlakukan akses satu pintu masuk utama dan menutup pintu lainnya serta mewajibkan warga yang datang di cek suhu badan serta disemprot cairan disinfektan untuk mencegah menyebarnya virus Corona (COVID-19) (FOTO : ANTARA FOTO)

Seorang warga melintas di depan portal jalan yang ditutup di Perumahan Araya, Malang, Jawa Timur, Senin (30/3/2020). Sejumlah perumahan di kawasan tersebut mulai menutup akses jalan untuk mencegah penyebaran virus Corona (FOTO : ANTARA FOTO)

inline

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Penetapan perpanjangan masa libur sekolah dan pengetatan himbauan diam di rumah di beberapa kota besar di Jawa menimbulkan permasalahan baru.

Banyak warga dari kota-kota besar dengan kasus kejadian positif corona mudik kembali ke kampung halaman masing-masing. Anjuran untuk tetap berdiam dan mencegah penyebaran lebih luas pandemi Covid-19 tidak dihiraukan tanpa penerapan aturan yang tegas.

Akhirnya beberapa pemukiman di daerah berinisiatif memperketat akses ke perumahan mereka dengan menggunakan sistem satu pintu.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement