Sabtu 18 Apr 2020 01:26 WIB

Infografis, Dokter Jadi Korban Pasien Corona yang Bohong

Sejumlah petugas medis di beberapa kota di Indonesia terpaksa harus dikarantina.

Foto: republika
Pasien berbohong ke dokter (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Gara-Gara Pasien tak Jujur

Sejumlah petugas medis di beberapa kota di Indonesia terpaksa harus dikarantina. Penyebabnya, ada pasien yang tidak jujur dengan riwayat perjalanan hingga tak jujur pernah kontak dengan pasien Covid-19

Berikut berapa kasus yang terjadi di Indonesia

1. 46 tenaga medis RSUP dr Kariadi Semarang positif Covid-19. Mereka terdiri dari beberapa dokter spesialis, perawat, tenaga penunjang medis hingga non-medis. Pasien tidak jujur pernah ke zona merah Covid-19

 

2. Dua dokter residen diisolasi di RS Tajuddin Chalid Makassar. Penyebabnya, ada warga memeriksakan diri dan tidak jujur pernah kontak dengan pasien Covid-19 atau pernah datang ke daerah pandemi Covid-19.

3. Tujuh tenaga kesehatan Rumah Sakit Paru Ario Wirawan (RSPAW) Salatiga menjalani karantina usai menangani pasien positif corona yang punya riwayat bepergian ke Italia. Pasien sempat tidak jujur saat ditanya mengenai riwayat perjalanan sebelum dipastikan positif corona.

4. 15 tenaga medis RS Muhammadiyah Ahmad Dahlan Kota Kediri harus isolasi diri karena pasien tidak jujur. Akibatnya, RS tersebut kekurangan tenaga medis.

5. Sekitar 20 pegawai RSUD dr Soedjati Soemodiardjo harus isolasi mandiri dan di tes swab karena pasien tak jujur saat dimintai keterangan oleh petugas medis. Pasien tidak mengaku baru pulang dari Jakarta dan sempat mengalami demam, sesak napas dan batuk.

Pengolah: Esthi Maharani

Sumber: Data Republika

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement