Jumat 01 May 2020 12:45 WIB

Para Penakluk Corona (2)

Vaksin Covid-19 belum ditemukan, bukan berarti tidak dapat disembuhkan..

Rep: Nova Wahyudi/ Red: Yogi Ardhi

Simon Nainggolan (50) menunjukkan hasil rontgen paru-paru miliknya di Jakarta. (FOTO : Nova Wahyudi)

Arif Rahman Hakim (50) berpose di kediamannya di Bekasi, Jawa Barat. Pasien 01 Kota Bekasi tersebut menjalani perawatan di RS Mitra Keluarga, Bekasi Timur, sejak (10/3) hingga (30/3) dan dinyatakan negatif setelah dua kali tes swab. (FOTO : Nova Wahyudi)

Rilsan Malkhi (26) menunjukkan hasil rontgen paru-paru miliknya di Jakarta. Karyawan swasta itu menjalani isolasi di RSPAD Gatot Soebroto dan dinyatakan negatif 14 April 2020. (FOTO : Nova Wahyudi)

Walikota Bogor Bima Arya (48) berpose di kediamannya di Bogor, Jabar. Bima Arya dinyatakan positif terinfeksi corona 17 Maret 2020, menjalani isolasi di RSUD Kota Bogor dan dinyatakan negatif pada 18 April. (FOTO : Nova Wahyudi)

Ara Wiraswara (39), seorang ASN, menunjukkan hasil rontgen paru-paru miliknya di Bogor. Dari pengalaman Ara selama menjalani isolasi di RSUD Kota Bogor, Jawa Barat, dukungan moral sangat dibutuhkan oleh pasien. (FOTO : Nova Wahyudi)

inline

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memang saat ini belum ditemukan obat yang dapat menyembuhkannya, namun bukan berarti tidak dapat disembuhkan.

Pasien yang sudah melakukan isolasi selama 14 hari, baik itu di Rumah Sakit (RS) maupun isolasi mandiri, selalu mengedepankan optimisme, berpikiran positif agar meningkatkan imun tubuh. Tentunya selain mengkonsumsi multivitamin, ramuan tradisional dan berolahraga. 

“Yang kita butuhkan itu hasil yang negatif bukan pikiran yang negatif,” kata Simon Nainggolan (50) salah satu pasien yang dinyatakan sembuh dari virus corona.

Untuk mencegah terinfeksi virus corona, perlu kedisiplinan yang tinggi untuk menerapakan pola hidup bersih dengan rajin mencuci tangan di air yang mengalir, memakai masker, hindari kerumunan serta menerapkan social distancing dan jaga jarak (physical distancing).

 

sumber : Antara Foto
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement