Rabu 13 May 2020 23:39 WIB

Penggunaan Robot dan Drone pada Masa Pandemi Covid-19

.

Red: Yogi Ardhi

ublic-Utilities Board (PUB) O-R3 sebuah robot penyiaran yang mengingatkan warga yang jogging untuk menjaga jarak aman selama pandemi virus corona di Singapura. (FOTO : REUTERS / Edgar Su)

ublic-Utilities Board (PUB) O-R3 sebuah robot penyiaran yang mengingatkan warga yang jogging untuk menjaga jarak aman selama pandemi virus corona di Singapura, (FOTO : REUTERS / Agustin Marcarian)

Warga yang memakai masker berbaris untuk disemprot disinfektan dengan drone sambil menunggu pengujian virus corona di Lima, Peru. (FOTO : REUTERS / Sebastian Castaneda)

Seorang siswa berjalan melewati robot patroli yang melakukan pengukuran suhu tubuh di pintu masuk sekolah saat pandemi virus corona di Handan, Provinsi Hebei, Cina. (FOTO : China Daily via REUTERS)

Robot Sterilisasi Cerdas (ISR) menggunakan sinar UV untuk membersihkan toilet saat pandemi virus corona di Bandara Internasional Hong Kong, Hong Kong. (FOTO : REUTERS / Tyrone Siu)

Robot anjing yang disebut SPOT berpatroli di taman saat ia menjalani pengujian untuk ditempatkan sebagai pengawas yang menjaga jarak sosial warga saat pandemi virus corona di Singapura. (FOTO : REUTERS / Edgar Su)

Petugas medis berpose dengan robot Amy (kanan) dan Temi (kiri) saat simulasi di Rumas Sakit Pertamina Jaya, Jakarta, Selasa (5/5/2020). RS Pertamina Jaya mengerahkan dua robot untuk membantu petugas medis dalam menangani pasien COVID-19. Robot Amy digunakan untuk membawa makanan, obat, dan segala kelengkapan lain untuk pasien, sedangkan robot Temi digunakan untuk melakukan kontrol juga media komunikasi antara pasien dan tenaga medis. (FOTO : Republika/Edwin Dwi Putranto)

Pablo Guerra Rektor Universitas Magdalena, memencet sebuah tablet saat panggilan video dengan mahasiswa kedokteran yang baru lulus saat upacara kelulusan secara online di tengah pandemi virus corona di Santa Marta, Kolombia. (FOTO : University of Magdalena/Handout via REUTERS)

inline

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Robot dan drone adalah salah satu produk teknologi yang sering disebut berbarengan seiring merebaknya pandemi covid-19 di dunia. 

Produk teknologi ini digunakan dalam penanggulangan covid-19 untuk meminimalisir kontak paramedis dengan pasien covid-19. Mulai dari memberikan obat, membersihkan interior bus, hingga menyemprotkan desinfektan dari udara.

Robot dan drone ini menemukan fungsi barunya selama pandemi ini. Bahkan robot mewakili sosok wisudawan saat kelulusan akibat larangan berkumpul akibat lockdown.

sumber : Republika, Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement