Selasa 30 Jun 2020 00:20 WIB

Infografis Bahaya dari Bakteri Listeria

Listeria bisa menyebabkan kematian pada manusia.

Foto: Republika
Bahaya Bakteri Listeria

REPUBLIKA.CO.ID, Sebanyak 8 ton jamur enoki asal Korea Selatan dimusnahkan di Indonesia. Penyebabnya adalah temuan bakteri listeria monocytogenes di jamur enoki.

Bakteri listeria menyebabkan penyakit listerioris.

Gejala listeriosis berbeda-beda bergantung pada siapa pengidapnya.

Wanita hamil umumnya mengalami gejala hanya demam atau tanda-tanda seperti flu biasa. Yaitu kelelahan dan lemas otot. Namun infeksi listeria saat hamil bisa menyebabkan keguguran, kecacatan janin, kelahiran prematur, hingga infeksi yang mengancam nyawa bayi baru lahir.

Mereka yang tidak hamil mengalami gejala sedikit berbeda. Gejalanya termasuk sakit kepala, leher kaku, kebingungan, kehilangan keseimbangan, hingga gangguan tambahan selain demam dan sakit di sekujur tubuh.

Gejala listeriosis biasanya dimulai pada pekan pertama sampai keempat setelah mengonsumsi makanan yang mengandung listeria. CDC menemukan laporan gejala baru muncul 70 hari setelah terpapar. Namun ada pula yang sudah langsung bergejala di hari yang sama saat makanan mengandung listeria dikonsumsi.

Sayuran bisa terpapar listeria umumnya karena faktor tanah tempat sayuran ditanam atau akibat pupuk dari kotoran hewan. Hewan bisa membawa bakteri tanpa kelihatan sakit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement