Ahad 06 Sep 2020 11:23 WIB

Matematikawan Muslim yang Berjasa untuk Dunia

Dunia, menurut J J O'Connor dan E F Robertson, berutang pada matematikawan Muslim.

Foto: republika
Matematikawan muslim (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Matematika merupakan salah satu disiplin ilmu yang memiliki akar sejarah yang kuat dalam peradaban manusia. Dunia, menurut J J O'Connor dan E F Robertson, berutang pada matematikawan Muslim.

Laju pesat matematika pada abad ke-16 hingga ke-18 tak bisa terlepaskan dari sumbangsih pemikiran ilmuwan Muslim pada abad-abad sebelumnya. Berikut ini di antara matematikawan Muslim yang brilian:  

>Al-Khawarizmi (780-850 M)

Al-Khawarizmi telah memperkenalkan aljabar dan hisab. Di antaranya, cos, sin, dan tan dalam trigonometri. Selain itu, pengetahuan tentang perbintangan yang melibatkan kajian tentang kedudukan, pergerakan, pemikiran, serta tafsiran (ilmu astronomi) ini yang membuat al-Khawarizmi terkenal.

 

>Al-Buzjani (940-997 M)

Sumbangannya di geometri dan trigonometri. Teori telatif segitiga parabola dan mengembangkan metode baru tentang konstruksi segi empat serta perbaikan nilai sinus 30 dengan memakai delapan desimal.

> Al-Biruni (973-1048 M)

Karyanya dikenal sejah usia 17 tahun. Dia telah meneliti garis lintang bagi Kath, Khawarazm, dengan menggunakan altitufe maksima matahari. Jumlah karyanya mencapai 120 buku. Di antaranya, Arimatika Teoritis dan Praktis, Analisis Kombinatorial, Kaidah Angkat Tiga, dan Bilangan Irasional.

Sumber: dari berbagai sumber

Pengolah: Nashih Nashrullah

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement