Senin 09 Nov 2020 02:33 WIB

Infografis Istana Peninggalan Turki Utsmani

Banyak bangunan peninggalan Turki Usmani bercorak arsitektur tinggi.

Foto: republika
Istana-istana peninggalan Turki Ustmani

REPUBLIKA.CO.ID,  Selama ratusan tahun berkuasa, kekhalifahan Turki Usmani memberikan warna tersendiri pada perkembangan Islam. Khususnya, dalam bidang arsitektur.

Banyak bangunan peninggalan Turki Usmani bercorak arsitektur tinggi. Megah dan mewah, itulah kesan yang terpancar dari bangunan-bangunan tersebut. Antara lain, istana para khalifah. Berikut tiga istana peninggalan Turki Utsmani:     

Istana Topkapi

Istana in kediaman resmi dan pusat pemerintahan Sultan Turki Usmani selama sekitar 400 tahun, yaitu dari 1465 sampai 1858. Topkapi merupakan karya terbesar Kesultanan Turki Usmani. Istana Topkapi mulai dibangun pada 1453 oleh Sultan Mehmed II. 

Istana Dolmabahce

Istana ini dibangun di Istanbul. Dolmabahce dibangun Sultan Abdul Mecid I pada 1843 hingga 1856. Pembangunan istana megah tersebut diperkirakan menelan dana berupa lima juta koin emas Ottoman Mecidiye atau setara dengan 35 ton emas.

Istana Yildiz

Istana ini dibangun di sebuah hutam alam. Pada akhir abad ke-19, Sultan Abd al-Hamid II meninggalkan Istana Dolmabahce dan tinggal di Istana Yildiz. Keputusan untuk pindah ini karena kekhawatiran sultan akan serangan musuh-musuh yang muncul dari arah lautan.

Penulis: Hasanul Rizqa, Pengolah: Nashih Nashrullah

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement