Ahad 15 Nov 2020 11:59 WIB

Masjid-Masjid jadi Gereja di Italia

Sejumlah masjid beralih fungsi menjadi gereja di Italia

Foto: republika
Masjid yang berubah jadi gereja di Italia (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Islam mulai masuk ke Italia abad kesembilan dan lebih intensif lagi ketiga Dinasti Aghlabiyah berkuasa di bawah Ziyadatullah I bin Ibrahim.  Pascapenaklukan tersebut, Islam berhasil menguasai hampir seluruh wilayah di Italia, terutama Palermo. 

Palermo adalah kota penting di Sisilia dan salah satu pusat peradaban Islam di Eropa setelah Kordoba. Kota ini bahkan dijuluki ‘Kota 300 Masjid’. Berikut ini masjid yang beralih fungsi menjadi gereja di Italia:       

>Kepel Palatina

Palatine Chapel atau Capella Palatina adalah sebuah kapel (gereja kecil) yang terdapat di Istana Palazzo Reale di Kota Palermo. Kapel ini dibagun pada 1132 M dengan perpaduan antara gaya Binzantium dan Arab dan satu-satunya gereja yang memiliki muqarnas, khas arsitektur Islam, pada langit-langitnya. 

 

>Gereja Martorana

Gereja Santa Maria de'll' Ammiraglio ini dibangun pada 1143 M dengan gaya arsitektur campuran antara Yunani dan Arab. Uniknya, ini mungkin satu-satunya gereja dengn kaligrafi Arab sebagai dekorasinya. Bahkan, pada salah satu tiangnya, terdapat kaligrafi Alquran. 

>San Giovanni degli Eremit

Gereja yang terkenal dengan sebutan St John of the Hermit ini dibangun pada 1132 M.  Gereja yang terletak di tepi barat Distrik Albergheria, Italia, ini semula untuk masjid, tetapi berubah setela masa transisi kekuasaan.

Sumber: Harian Republika

Pengolah: Nashih Nashrullah

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement