Rabu 27 Jan 2021 14:15 WIB

Infografis Ancaman dan Gugatan Menanti Trump

Donald Trump telah kehilangan imunitasnya sebagai penguasa Gedung Putih.

Foto: Reuters/Aljazirah
Donald Trump terancam digugat.

REPUBLIKA.CO.ID, Presiden AS pejawat Donald Trump telah resmi lengser dari jabatannya. Ia pun kehilangan imunitasnya sebagai penguasa Gedung Putih. Trump diyakini bakal menemui ancaman dan gugatan. Berikut ancaman yang akan dihadapi oleh Trump.

1. Kejahatan Finansial

Baca Juga

New York Times  mengungkapkan dugaan kejahatan keuangan yang dilakukan Trump terkait dengan penghindaran pajak. Data menunjukkan miliuner Trump hanya membayar 750 dolar AS untuk pemasukan pajak federal untuk tahun 2016 dan 2017. Trump membantah tuduhan kejahatan pajak tersebut. Ia mengaku membayar jutaan dolar AS untuk pajak.

2. Dugaan Pelecehan

Trump bisa jadi akan kembali menghadapi tuduhan atas kasus pelecehan seksual. Summer Zervos, mantan kontestan the Apprentice, menuduh Trump telah melecehkannya. Namun Trump membantah tudingan tersebut.

3. Pemecatan

Trump masih menghadapi sidang di Senat menyusul keputusan House of Representatives yang memakzulkannya terkait dengan kerusuhan di Capitol Hill pada 6 Januari 2020. Trump dinilai bersalah dalam memprovokasi kerusuhan.

4. Penggunaan Dana Kampanye Ilegal

Mantan pengacara Trump Michael Cohen pada 2018 mengaku bersalah di pengadilan federal Manhattas atas sejumlah kejahatan termasuk mengirim uang tutup mulut ke artis dewasa saat Trump maju jadi kandidat presiden periode pertama. Ada dugaan pengeluaran dana kampanye secara ilegal.

5. Campur Tangan Rusia

Penyelidik melakukan investigasi pada campur tangan Rusia dalam pemilihan presiden yang memenangkan Donald Trump pada 2016 lalu. Kasus ini bisa saja berlanjut.

6. Ancaman Iran

Iran menganggap Donald Trump bersalah atas pembunuhan Jenderal Qassem Soleimani. Iran menuntut balas dendam dan penangkapan terhadap Trump.

sumber : Aljazirah/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement