Ahad 06 Jun 2021 10:38 WIB

Jenis Pekerjaan di Awal Islam

Berdagang, bertani, penjahit adalah pekerjaan yang ada di awal Islam.

Foto: republika
Jenis pekerjaan di awal islam (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Jenis Pekerjaan di Awal Islam

Islam memandang bahwa bekerja dengan menggeluti suatu profesi merupakan ibadah dan akan diganjar pahala. Dalam Islam, konsep ibadah tidak terbatas pada sholat, puasa, haji, dan sejenisnya.

Semua pekerjaan, termasuk profesi kita, adalah sarana untuk beribadah jika dilakukan sesuai tuntunan Islam tentunya. Di masa awal Islam, setidaknya ada empat profesi yang banyak dilakoni orang-orang kala itu. Berikut ini adalah empat profesi tersebut: 

>Berdagang

Kota Makkah tumbuh lantaran geliat perniagaan. Di antaranya Abdurrahman bin Auf. Kepada saudaranya dari kalangan Anshar, Sa'd bin ar-Rabi', ia hanya minta ditunjukkan jalan ke pasar alih-alih meminta pinjaman modal. Awalnya, Ibnu Auf menjual mentega dan keju. Lama-kelamaan, ia berhasil membangun lagi kafilah dagang sampai rute Damaskus. Tak butuh waktu lama, ia kembali kaya-raya seperti di Makkah dahulu.  

>Bertani

Yastrib alias Madinah dikenal lantaran tanahnya yang subur. Di antara para sahabat Nabi SAW yang ikut terjun dalam dunia pertanian ialah Abu Bakar, Umar bin Khattab, dan Ali bin Abi Thalib. Mereka ternyata cukup sukses sebagai pemilik dan pengolah kebun-kebun kurma. 

>Penjahit

Di antara profesi di Madinah adalah penjahit (HR Bukhari). Saat itu, di antara penjahit terkenal ialah Utsman bin Talhah dan Isa bin Abi Issa

Penulis: Hasanul Rizqa

Pengolah: Nashih Nashrullah

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement