Sabtu 10 Jul 2021 09:34 WIB

Hikmah Allah SWT Memberikan Sakit

Allah menghapus dosa orang sakit.

Foto: republika
Menderita sakit (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Hikmah Allah SWT Memberikan Sakit 

Dalam perspektif Islam, adanya penyakit merupakan suatu tanda kemahakuasaan Allah SWT. Oleh karena itu, hanya kepada Dia kita semua berserah diri.

Rasulullah Muhammad SAW bersabda, “Tidaklah Allah menurunkan penyakit kecuali Dia juga menurunkan penawarnya. (HR Bukhari). Di balik sakitnya seseorang ada hikmah yang bisa dipetik yaitu sebagai berikut: 

>Melatih kesabaran

 

Seorang Muslim hendaknya bersabar ketika sakit. Sebab, penyakit adalah satu ujian dari Allah SWT bagi hamba yang dipilih-Nya. Dengan bersabar, ia akan berprasangka baik kepada Allah sehingga optimistis menjalani pengobatan. (HR Muslim)   

> Menghapus dosa-dosa

Bagi seorang Muslim, datangnya suatu penyakit dapat menjadi sebab pengampunan atas berbagai dosa yang pernah dilakukannya. Nabi SAW bersabda, “Tidaklah menimpa seorang mukmin rasa sakit yang terus-menerus, kepayahan, penyakit, dan juga kesedihan... melainkan akan dihapuskan dengannya dosa-dosanya.” (HR Muslim).

>Sambung silaturahim

Sebagian orang justru bisa bersilaturahim ketika menjenguk yang sakit. Kini, menengok orang yang sakit bisa dilakukan via jarak jauh, semisal sambungan telepon atau panggilan video. Ini dapat menjadi opsi bila penyakit yang dialami orang itu menular.

 

Pengolah: Hasanul Rizqa / Nashih Nashrullah

Sumber: Harian Republika

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement