Sabtu 17 Jul 2021 13:27 WIB

Dosen UBSI Pontianak Beri Pelatihan Aplikasi Medis Hewan

PNK Veterinary Service merupakan salah satu bidang usaha jasa medis untuk hewan.

Red: Budi Raharjo

Dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Pontianak mengajarkan penggunaan aplikasi pelayanan terhadap dokter hewan di PNK Venetery Service, Pontianak, Kamis (8/7). (FOTO : UBSI)

Kelompok dosen pengabdian masyarakat dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Pontianak. (FOTO : UBSI)

Aplikasi pelayanan medis untuk PNK Venetery Service berbasis website yang dibuat oleh dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Pontianak. (FOTO : UBSI)

inline

REPUBLIKA.CO.ID, PONTIANAK -- Dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Pontianak melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat berupa pelatihan penggunaan aplikasi pelayanan pada PNK Veterinary Service. Kegiatan ini digelar di jl Pangeran Natakusuma, Kecamatan Pontianak, Pontianak, pada Kamis (8/7).

Untuk diketahui, PNK Veterinary Service merupakan salah satu bidang usaha jasa medis untuk hewan. Dosen Universitas BSI memberikan aplikasi pelayanan dan melatih dokter dan staf di PNK Veterinary Service.

“Pelatihan ini dilaksanakan agar dapat membantu PNK Veterinary Service dalam pengelolaan pelayanan jasa klinik hewan dengan memanfaatkan teknologi informasi yang sudah berkembang. Selain itu juga untuk memudahkan dalam pelaporan akhir lembaga nantinya,” ujar Muhamad Syarif selaku ketua tim pengabdian masyarakat.

Dalam aplikasi tersebut, Syarif menjelaskan tentang cara-cara pengoperasian dan teknis mengelola aplikasi pelayanan. Mulai dari cara melakukan pendaftaran, rekam medis dan mencetak laporan.

“Kami mengajari mulai dari cara masuk ke aplikasi, mengolah pendaftaran, sampai rekam medis juga bagaimana cara mencetak laporannya,” jelas Syarif. Saat ini hadirnya teknologi informasi menghadirkan banyak sistem yang terkomputerisasi. “Dengan memanfaatkan sistem yang terkomputerisasi, pelayanan dari klinik hewan ini bisa lebih efisien. Para dokter dan staf hanya perlu mengklik-klik saja,” jelasnya.

Sementara itu, Drh Nur Hidayatullah, direktur PNK Veterinary Service merespon baik kegiatan pengabdian masyarakat ini.

“Kami berterima kasih kepada dosen Universitas BSI yang telah memberikan pelatihan aplikasi pelayanan jasa ini. Tentunya ini sangat bermanfaat bagi lembaga dalam pengelolaan pelayanan klinik hewan. Semoga kerjasama ini dapat terus berlanjut kedepannya serta dapat membantu mengembangkan PNK Veterinary Service lebih baik lagi kedepannya,” tutur Hidayat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement