Rabu 08 Sep 2021 00:15 WIB

Melawan Taliban dari Lembah Panjshir

Taliban dikabarkan telah berhasil menguasai Lembah Panjshir.

Foto: BBC/Aljazirah
Milisi aliansi utara mencoba melawan Afghanistan dari Lembah Panjshir.

REPUBLIKA.CO.ID, Taliban dilaporkan telah mengepung dan menguasai Lembah Panjshir yang menjadi basis kelompok perlawanan aliansi utara (NRF). Taliban telah meminta kelompok perlawanan untuk menyerahkan senjata.

Namun mereka menolak untuk bertekuk lutut. Lantas siapa saja mereka yang tergabung di Lembah Panjshir?

Pemimpin Gerakan

Pemimpin gerakan di Panjshir ialah Ahmad Massoud. Ia adalah putra dari Ahmad Shah Massoud yang menjadi tokoh perlawanan melawan Soviet tahun 1980-an. Shah Massoud menolak Taliban dan dibunuh oleh Alqaidah dua hari sebelum serangan World Trade Centre.

Anggota Pergerakan

Selain dari milisi aliansi utara, kelompok multietnik ini juga berisi eks tentara Afghanistan. Jumlahnya dikabarkan mencapai ribuan. Mantan Wapres Afghanistan Amirullah Saleh ikut menyerukan perlawanan dari Panjshir.

Lokasi Panjshir

Lembah Panjshir merupakan provinsi kecil dengan jumlah penduduk 150 ribu hingga 200 ribu jiwa. Panjshir berada di 150 kilometer arah utara ibu kota Kabul.

Kekuatan Panjshir

 

Salah satu alasan mengapa Panjshir sulit direbut adalah karena lokasinya dilindungi oleh perbukitan batu dengan ketinggian 3.000 meter. Mayoritas yang tinggal di sana berasal dari etnis Tajik.

Musuh Tersisa Taliban

Taliban tidak pernah menguasai daerah itu bahkan saat mereka berkuasa pada 1996-2001. Begitu juga Uni Soviet yang mencoba menginvasi pada 1979. Perlawanan di Panjshir menjadi satu-satunya yang tersisa setelah musuh lama Talibah telah ditangkap atau melarikan diri, termasuk Abdul Rashid Dostum dan Ismail Khan.

sumber : BBC/Aljazirah/NPR
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement