Jumat 24 Sep 2021 05:07 WIB

Infografis Tuntunan Rasulullah Sebelum Pakai Sepatu

Rasulullah dalam teladannya memberikan tuntunan sebelum mengenakan sepatu.

Foto: Infografis Republika
Infografis Tuntunan Rasulullah SAW Mengibaskan Sepatu Sebelum Dipakai

REPUBLIKA.CO.ID,  Anda memiliki sepatu yang sudah lama tidak terpakai lalu Anda ingin kembali memakainya maka jangan terburu-buru untuk langsung memakainya. Terhadap benda yang sudah lama tidak digunakan khususnya sepatu, Rasulullah ﷺ telah memberikan tuntunan.


وَقَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ  : مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْاَخِرِ فَلَا يَلْبَسْ خُفَّيْهِ حَتَّى يَنْفُضَهُمَا.

Baca Juga


Rasulullah ﷺ bersabda: barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka jangan lah memakai sepasang sepatunya sampai terlebih dulu mengibas-ngibaskan sepasang sepatunya itu. 

Dengan tujuan agar seluruh kotoran dan apa pun yang berada di dalam sepatu itu dapat keluar. Sehingga sepatu dapat bersih dan nyaman digunakan. Sebab boleh jadi dalam sepatu itu ada kotoran, atau pun ada binatang kecil yang mematikan semisal kalajengking, laba-laba dan lain sebagainya. 

Selain itu keterangan ini juga tidak hanya berlaku pada ketika akan menggunakan sepatu. Ketika hendak menggunakan baju atau celana, sarung, handuk terlebih yang sudah lama tidak digunakan sebaiknya kibaskan terlebih dahulu. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement