Kamis 14 Oct 2021 05:39 WIB

Infografis Keutamaan Surat Al Kahfi

Rumah yang dibacakan surat Al Kahfi tidak dimasuki setan.

Foto: republika
Keutamaan Surat Al Kahfi. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Keutamaan Surat Al Kahfi

Al Kahfi merupakan surat urutan ke-18 dalam Alquran. Surat yang selengkapnya terdiri atas 110 ayat itu tergolong dalam surat-surat Makkiyah, yang turun di fase dakwah Nabi Muhammad SAW di Makkah. 

Kata al-Kahfi bermakna 'gua' karena dalam beberapa ayat di dalamnya terdapat kisah orang-orang saleh pada zaman sebelum Nabi SAW lahir. Mereka bersembunyi dalam gua demi menyelamatkan iman. Berikut ini tiga di antara keutamaan surat Al Kahfi:

>Hati Bercahaya

 

Imam Mardawaih dari Ibnu Umar, “Barangsiapa membaca surat Al Kahfi pada hari Jumat maka akan ada cahaya yang menyinari dari telapak kakinya hingga langit yang akan menyinarinya kelak pada hari kiamat. Dan, dosanya akan diampuni di antara dua Jumat.”

>Terhindar dari Dajjal

Di antara keutamaan surat Al Kahfi adalah menjaga diri seseorang dari fitnah Dajjal. Hal itu disampaikan Nabi SAW, “Siapa yang membaca/menghafal 10 ayat pertama (dalam riwayat lain: 10 ayat terakhir) dari surat Al Kahfi, maka ia terpelihara dari fitnah/gangguan Dajjal.” Hadits itu diriwayatkan Imam Muslim, At Tirmidzy, dan An Nasai.

>Dijaga dari setan

Ibnu Mardawaih meriwayatkan dari Abdullah bin Mughaffal, “Rumah yang dibacakan di dalamnya surat Al Kahfi atau Al Baqarah tidak akan dimasuki setan sepanjang malam itu.”

Penulis: Hasanul Rizqa

Pengolah: Nashih Nashrullah

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement