Jumat 10 Dec 2021 10:38 WIB

Kabar Angin yang Dibenci Allah

Allah benci kabar angin atau informasi yang belum jelas sumber dan atau kebenarannya.

Foto: republika
Kabar angin (hoaks) yang dibenci Allah.

REPUBLIKA.CO.ID, Kabar Angin yang Dibenci Allah

Ada sejumlah perkara yang disukai Allah SWT. Dan, ada pula hal-hal yang dibenci-Nya.

Dari Abu Hurairah RA, Nabi Muhammad SAW bersabda, “Sesungguhnya Allah meridhai kalian dalam tiga perkara dan benci kepada kalian dalam tiga perkara. Allah meridhai kalian jika kalian (pertama) beribadah kepada-Nya dan tidak menyekutukan-Nya dengan sesuatu apa pun. (Kedua) jika kalian berpegang teguh kepada agama-Nya dan tidak berpecah belah.(Ketiga) jika kalian saling menasihati kepada orang yang diserahkan kepadanya urusanmu.” Berikut ini penjelasan tiga perkara yang dibenci Allah SWT:

>Kabar angin

//Qiila wa qaala// dalam sabda Nabi SAW itu secara harfiah ialah katanya-katanya. Maksudnya, informasi yang belum jelas sumber dan atau kebenarannya. Suatu berita hendaknya diperjelas sebelum disebarluaskan. Bila tidak demikian, ia hanya menjadi kabar angin atau desas- desus. QS An Nur: 11  

>Banyak tanya

Pertanyaan yang sama diajukan berulang kali, itu dapat menjurus pada kesia- siaan atau bahkan konflik. Contohnya, para Bani Israil yang banyak tanya tentang perkara sapi betina. Kisah ini diabadikan dalam Alquran surah Al Baqarah.   

Harta Nirfaedah

//Idho'atul maali// dapat di maknai sebagai membelanjakan harta yang dimiliki secara boros serta tidak pada jalan yang di ridhai-Nya. Apalagi, bila harta itu diper oleh dengan cara-cara yang haram atau syubhat.  QS Al Araf: 31 dan QS Al Isra: 27.

Penulis: Hasanul Rizqa

Pengolah: Nashih Nashrullah

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement