Ahad 27 Feb 2022 11:08 WIB

Amalan Sederhana Pembuka Pintu Surga

Menyebarkan salam menjadi amalan sederhana pembuka pintu surga.

Foto: republika
Amalan sederhana pebuka pintu surga.

REPUBLIKA.CO.ID, Amalan Sederhana Pembuka Pintu Surga

Ada dua jalan menuju ke sana. Pertama, berlika-liku. Dalam arti, seorang Mukmin terlebih dahulu dicuci di dalam neraka. Sebab, amal kebajikannya lebih ringan daripada maksiat yang dilakukannya selama di dunia. Kedua, cara yang mulus. Bahkan, ada golongan Mukmin yang Allah tetapkan bagi mereka masuk surga tanpa dihisab.

Tentu saja, semua orang ingin menjadi penduduk surga. Nabi Muhammad SAW dalam sebuah hadits menjelaskan kriteriakriteria dari hamba yang saleh, yakni penghuni surga dengan jalan yang lancar. Berikut adalah pemaparan tentang tiga syarat itu.

>Sebarkan salam

Menyebarluaskan salam (ifsya'us salam). Salam adalah doa yang diucapkan seorang Muslim dengan harapan, orang yang dijumpainya memperoleh kebahagiaan, keselamatan, dan kesejahteraan.  Rasulullah SAW mengajarkan tak remehkan salam (HR Tirmidzi).   

>Banyak bederma

Kedua, memberi makan kepada orang yang memerlukan. Dalam hadis Nabi SAW, istilahnya ialah //ith'amuth tha'am.// Sasaran derma itu ialah kaum fakir dan miskin (fuqara wal masakin). (HR Bukhari)

>Gemar tahajud

Ketiga, sholat malam. Atau, dalam redaksi hadits Nabi SAW ini: //shalatul lail wannaasu niyamun,// 'sholat di saat orang lain sedang lelap tidur.' Dalam perspektif fikih, salah satu sunah ialah sholat tahajud. Rasulullah tak pernah meninggalkannya. (HR Abu Dawud)

Penulis: Hasanul Rizqa

Pengolah: Nashih Nashrullah

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement