Kamis 10 Feb 2022 13:38 WIB

Infografis Lima Fakta Seputar Rajab

Infografis Lima fakta seputar bulan Rajab.

Foto: Infografis Republika
Infografis Lima Fakta Seputar Rajab

REPUBLIKA.CO.ID, 

 

Baca Juga

Agung Sasongko

Fri, Feb 4, 10:14 PM (6 days ago)

to joko

 

JAKARTA -- Bulan Rajab adalah salah satu bulan haram atau suci yang memiliki keutamaan untuk memperbanyak amal shaleh. Lantas apa saja fakta-fakta seputar bulan Rajab?

1. Dilarang Berperang

Bangsa Arab tidak berperang di bulan Rajab. Sebab, larangan berperang di bulan Rajab ini tujuannya untuk memudahkan akses kafilah-kafilah dagang pada musim haji menuju Makkah. Sehingga lambat-laun bulan tersebut disebut sebagai bulan haram atau suci.

(QS Al-Baqarah ayat 217)

 

2. Alasan Disebut Bulan Haram

Bulan Rajab, termasuk bulan suci lain seperti Muharram, Dzulqa'dah dan Dzulhijjah, disebut sebagai bulan haram karena untuk menambahkan kesuciannya. Di dalam bulan ini, dosa-dosa akan mendapat ampunan.

QS At-Taubah ayat 36

3. Dilarang Menunda, Mengubah atau Membatalkan Bulan Haram

Bulan haram telah ditetapkan, yaitu ada empat bulan sebagaimana yang telah disebutkan. Maka dilarang untuk menunda atau mengganti bulan haram itu.

Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya zaman itu berputar sebagaimana ketika Allah menciptakan langit dan bumi. Setahun itu ada dua belas bulan dan di antaranya ada empat bulan yang suci. Tiga berturut-turut, yaitu Zulqa'dah, Zulhijjah dan Muharram. Sedangkan keempatnya adalah bulan Rajab Muḍar antara Jumada dan Sya'ban..." 

4. Pahala dan Dosa Dilipatgandakan

Pusat Fatwa Elektronik Internasional Al-Azhar memaparkan, di bulan Rajab ini pahala dari amal sholeh dilipatgandakan. Perbuatan-perbuatan buruk yang dilakukan juga dilipatgandakan dosa-dosanya. Ini karena keagungan bulan haram yang dalam hal ini ialah bulan Rajab.

5. Dilarang Berbuat Zalim

Bulan Rajab adalah salah satu bulan haram atau suci. Karena itu, di bulan ini dilarang keras berbuat zalim, sebagaimana firman Allah SWT pada Surat At-Taubah ayat 36.

 

Sumber: masrawy.com

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement