Jumat 01 Apr 2022 14:24 WIB

3 Menu Sehat untuk Pengobatan Era Ottoman

Daging burung diberikan pada pasien sebagai makanan di RS Jiwa.

Foto: republika
Tiga menu sehat untuk pengobatan di era Ottoman

REPUBLIKA.CO.ID, Naskah medis era Kesultanan Ottoman atau Utsmani menetapkan enam aturan yang harus diikuti untuk hidup sehat. Salah satunya adalah mengonsumsi makanan dengan seimbang.

 

Konsumsi pangan harus memerhatikan jenis dan karakteristik makanan dan minuman, termasuk waktu konsumsi dan siapa saja yang boleh mengonsumsinya.  Berikut adalah tiga makanan yang sering dikonsumsi untuk pasien di era Usmani. 

 

 >Daging burung

 

Penulis Turki abad ke-17 Evliya Celebi menceritakan bahwa daging dari berbagai burung diberikan kepada pasien sebagai makanan di Rumah Sakit Jiwa Fatih Sultan Mehmet Han dan di Rumah Sakit Bayezid di Edirne.

 

Jika burung hutan tidak tersedia, maka mereka akan menyajikan burung bulbul, burung pipit dan merpati harus dimasak dan diberikan kepada pasien. Fungsi makanan ini adalah untuk menyembuhkan luka dan pengobatan penyakit otot dan sistem saraf.

 

>Menu ayam

 

Kaldu ayam muda, ayam betina, dan ayam jago bermanfaat untuk kesehatan. Jika ayam diisi dengan apel misk atau quincedan kemudian dipanggang, akan mengandung banyak gizi. 

 

>Ikan

 

Berbagai spesies ikan, termasuk goby, turbot, belut, gurame, ikan laut, ikan belanak merah, dan banyak lagi dinilai mampu menjadi penyembuh penyakit. Obat-obatan berbahan dasar ikan digunakan untuk penyembuhan berbagai pe nyakit seperti sengatan beracun, se ngatan kalajengking, gigitan anjing gila, pembengkakan di anus, demam tinggi, malaria, tuli, gumpalan keras pada uvula, psoriosis, dan sakit kuning.

 

 

 

Penulis: Ratna Ajeng Tejomukti 

 

Pengolah: Nashih Nashrullah

 

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement