Selasa 03 May 2022 05:43 WIB

3 Karya Tsabit bin Qurrah untuk Dunia

Tsabit bin Qurrah seorang intelektual dan cendekiawan muslim.

Foto: republika
3 Karya Tsabit bin Qurrah untuk Dunia

REPUBLIKA.CO.ID, 3 Karya Tsabit bin Qurrah untuk Dunia

Masa kegemilangan peradaban Islam mencatat sejumlah nama intelektual dan cendekiawan Muslim yang ulung di berbagai bidang. Salah satu nama itu adalah Tsabit bin Qurrah. 

Sumbangsih tokoh kelahiran 836 M di Harran, yang kini masuk wilayah Turki itu, bagi dunia sangat berharga.  

Dia adalah penemu besar dalam bidang matematika, geometri, dan astronomi. Berikut ini sejumlah karya besar tokoh yang wafat di Baghdad pada 18 Februari 901 M itu:

 

 

>Matematika

Karyanya di bidang matematika kitab al-Mafrudat (Kitab Data) seputar geometri dan aljabar geometri dan kitab Fi Ta'lif an-Nisab (buku tentang susunan rasio). Dia juga banyak terjemahkan karya pakar matematika Yunani seperti Appollunius, Euclid, Archimedes, dan Ptolemaios.         

>Mekanik 

Tsabit juga dikenal sebagai pendiri ilmu keseimbangan. Hal ini karena kitabnya yang berjudul Kitab Fi' al-Qarastun (buku keseimbangan balok). Inilah karyanya yang monumental dalam bidang ilmu mekanik. 

>Astronomi 

Dalam astronomi, Tsabit menulis banyak risalah tentang pergerakan matahari dan bulan serta jam matahari. Ia juga mengukur luas bumi dengan menggunakan garis bujur dan garis lintang secara teliti Penemuan Tsabit tersebut memberikan inspirasi kepada para pelaut, seperti Colombus. Karya Tsabit dalam astronomi yang terkenal berjudul, Concerning the Motion of the Eighth SphereIa.

Pengolah: Nashih Nashrullah

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement