Infografis Peristiwa Penting pada Bulan Ramadhan

Red: Muhammad Hafil

Rabu 06 Apr 2022 05:51 WIB

REPUBLIKA.CO.ID,

Peristiwa Penting di Bulan Ramadhan

1. Nabi Muhammad Diangkat Menjadi Rasul saat sedang berkhalwat di Gua Hira

2. Turunnya wahyu pertama

 

Allah SWT berfirman:

“Bulan Ramadhan adalah (bulan) di dalamnya diturunkan Alquran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang bathil)." (QS Al-Baqarah [2]: 185).

3. Perang Badar 

Perang Badar terjadi pada 17 Ramadhan 2 H/624 M. Inilah peperangan pertama yang dilakukan kaum Muslim melawan kaum kafir Quraisy dari Makkah setelah hijrah ke Madinah. Di tengah puasa, sekitar 308 prajurit Muslimin berangkat ke medan perang. ada lagi ibadah kepada-Mu."

Sejarah akhirnya mencatat, pasukan kecil Muslimin itu berhasil memenangkan pertempuran tersebut. Perang pertama ini pun menjadi bukti kasih sayang Allah SWT kepada Nabi. "Sebenarnya, bukan kamu yang membunuh mereka, melainkan Allah juga yang telah membunuh mereka. Juga ketika kau lemparkan, sebenarnya bukan engkau yang melakukan itu, melainkan Tuhan juga." (QS al-Anfal: 17).

4. Fathu (Pembebasan) Makkah 

Fathu Makkah terjadi pada tahun Ramadhan 8 Hijriah/ 630 M. Sekitar 10 ribu pasukan bergerak dari Madinah menuju Makkah. Berbeda dengan perang Badar, kali ini umat Islam mengambil alih Makkah dari kafir Quraisy tanpa ada perlawanan dan perang. Tak ada pertumpahan darah dalam perang Fathu Makkah. Ka’bah dan sekitarnya di Masjidil Haram kemudian disucikan dari berhala sembahan kafir Quraisy.

5. Proklamasi 17 Agustus 1945

Tidak hanya di tanah Arab, peristiwa paling penting di Indonesia juga terjadi di Bulan Ramadhan, di mana proklamasi kemerdekaan dilakukan pada 9 Ramadhan 1364 hijriah. Pada bulan puasa inilah rakyat indonesia meraih kemerdekaannya.

Sumber: Republika, Pengolah: Hafil, Ilustrator:

Terpopuler