Kamis 02 Jun 2022 12:52 WIB

3 Masjid yang Pernah Disinggahi Rasulullah SAW

Ternyata bukan hanya Masjid Nabawi atau Masjid Quba yang disinggahi Rasulllah.

Foto: republika
Tiga masjid yang pernah disinggahi Rasulullah SAW.

REPUBLIKA.CO.ID,  Sebagian dari masjid-masjid di Madinah pernah disinggahi Rasulullah SAW dan dijadikan sebagai tempat shalat.

Ternyata, bukan hanya Masjid Nabawi atau Masjid Quba yang terkenal itu. Masih terdapat masjid lain yang pernah dituju Rasulullah SAW untuk shalat. Berikut ini sebagian masjid yang pernah dipilih Rasul sebagai lokasi beribadah: 

>Masjid Jumat

Terletak di barat daya Kota Madinah. Lokasi pelaksanaan shalat Jumat pertama kali oleh Rasul beserta rombongan ketika habis singgah dari Quba menuju Madinah. Jaraknya dari Masjid Quba sekira 900 meter. Khalifah Umar bin Abd al-Aziz merenovasi ulang dan kembali diperbaiki pada masa Dinasti Abbasiyah antara 155 dan 159 H. Masjid ini juga disebut dengan Masjid Bani Salim karena terletak di perkampungan Bani Salim.

>Masjid Sujud

Masjid as-Sajdah berada sekira 900 meter utara Masjid Nabawi. Di sinilah Rasul melakukan sujud paling lama sebagai bentuk rasa syukur. 

>Masjid Ghamamah

Dinamakan ghamamah yang berarti mendung dalam bahasa Arab lantaran ketika shalat di masjid ini, awan mendung melindungi Rasul dari teriknya matahari. Masjid yang berlokasi 500 meter dari barat daya pintu as-Salam Masjid Nabawi ini diyakini pernah menjadi lokasi shalat Id Rasul.     

Pengolah: Nashih Nashrullah

Republika/berbagai sumber

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement