Rabu 22 Jun 2022 08:06 WIB

Masjid-Masjid Tua di Beijing China

Sejumlah masjid tua masih berdiri tegak di ibu kota China

Foto: republika
Masjid-masjid tua di China.

REPUBLIKA.CO.ID,  Para cendekiawan China mencatat, Islam datang ke China saat era kekhalifahan Usman bin Affan. Tak jelas siapa yang diutus ke Negeri Panda tersebut. Namun, beberapa menyebutkan, sahabat Rasulullah, Sa'ad bin Abi Waqqas, yang diutus khalifah untuk berdakwah di sana. Saat itu, Dinasti Tang (618-905 M) yang tengah berkuasa di daratan China.

Kini, jejak peninggalan Islam di China masih bisa disaksikan, khususnya di Beijing. Sejumlah masjid tua masih berdiri tegak di ibu kota China tersebut. Umurnya sudah mencapai ratusan tahun. Berikut tiga di antaranya:

> Masjid Huashi

Masjid Huashi usianya sudah  sekitar 600 tahun. Masjid ini dibangun pada era awal  kekuasaan Dinasti Ming, yaitu sekitar 1415 Masehi pada masa pemerintahan Kaisar Yongle. Lokasinya berada di sisi selatan Jalan Huashi di Chongwen. 

>Masjid Jinshifang

Masjid ini merupakan salah satu yang paling terkenal di ibu kota China. Usianya juga sudah ratusan tahun dan dibangun pada masa Dinasti Ming berkuasa. Masjid ini dibangun di atas lahan seluas 1.533 meter persegi. Sedangkan, luas bangunannya mencapai 1.373 meter persegi. Masjid Jinshifang kini juga digunakan sebagai Sekretariat  Persatuan Islam daerah Xicheng, Beijing.

> Masjid Changying

Masjid ini dibangun pada masa Kaisar Zhengde dari Dinasti Ming. Ini merupakan masjid terbesar di daerah pinggiran Beijing dengan luas total mencapai 8.459 meter persegi. Tata letak masjid ini mengesankan, elegan, dan membangkitkan pesona kuno.

Pengolah: Nashih Nashrullah

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement