Ahad 14 Aug 2022 05:43 WIB

Infografis Lima Hadits tentang Senyum Rasulullah

Ada lima hadits yang menyebutkan mengenai senyum Rasulullah SAW.

Foto: Infografis Republika
Infografis Lima Hadist tentang Senyum Rasulullah

REPUBLIKA.CO.ID, Nabi Muhammad selalu ceria dan berwajah cerah. Ada lima hadits yang menyebutkan mengenai senyum Rasulullah SAW.

Pertama, Abdullah ibn Al-Harits ibn Hazm berkata, “Saya belum pernah melihat orang yang lebih banyak tersenyum daripada Nabi.” ( At-Tirmidzi )

Baca Juga

kedua, Jarir bin Abdullah berkata: "Rasulullah (damai dan berkah besertanya) tidak pernah menolak izin saya untuk melihatnya sejak saya memeluk Islam dan tidak pernah melihat saya kecuali dengan senyuman" (Sahih Muslim).

Ketiga, Abu Hurairah meriwayatkan bahwa Rasulullah bersabda: “Kamu tidak dapat memuaskan orang dengan kekayaanmu, tetapi memuaskan mereka dengan wajah ceria dan akhlak yang baik” (Abu Ya`la dan Al-Hakim; hadits shahih).

 

Keempat, Abu Dzar meriwayatkan dari Nabi bahwa dia berkata, “Jangan meremehkan perbuatan baik, (sekecil apapun kelihatannya) bahkan jika itu adalah pertemuanmu dengan saudaramu dengan wajah ceria” ( Sahih Muslim ).

Kelima, ️Nabi (saw) berkata, "Tersenyum di wajah saudaramu adalah tindakan amal" (At-Tirmidzi; Dinyatakan Otentik oleh Al-Albani).

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement