Ahad 23 Oct 2022 09:15 WIB

3 Nama Surat Al-Fatihah dan Dalil Landasannya

Rasulullah SAW menyebut tiga nama yang berbeda saat menjelaskan tentang Al-Fatihah

Foto: republika
Tiga nama surat Al-Fatihah

REPUBLIKA.CO.ID, Surah Al Fatihah dikenal sebagai surah pembuka Alquran. Agungnya surah ini terlihat karena sudah menjadi bagian dari sholat.

 

Rasulullah SAW menyebut tiga nama yang berbeda saat menjelaskan tentang surah ini. Dikutip dari Tafsir AlMisbah karya M Quraish Shihab, tiga nama tersebut yakni //Al-Fatihah, Ummul Kitab atau Ummul Qur'an//, dan //as-Sab'al-Matsani.// Berikut penjelasan tiga nama Surat Al Fatihah.

 

 

Ø  //Al Fatihah 

 

لَا صَلَاةَ لِمَن لَمْ يَقْرَأْ بفَاتِحَةِ الكِتَابِ  Tidak ada (tidak sah) shalat bagi yang tidak membaca Fatihah al-Kitab." (HR Bukhari, Muslim dan perawi lainnya). Penamaan al-Fatihah karena surat itu terletak pada awal Alquran.

 

Ø  //As-Sab’ al-Matsani// (tujuh yang diulang-ulang)

 

 والَّذي نَفسِي بيدِه، ما أُنزلَ في التَّوراةِ، ولا في الإنجيلِ، و لا في الزَّبورِ، ولا في الفُرقانِ مِثلِها، (يعني أمَّ القُرآنِ)، وإنَّها لسَبعٌ من المثانِي والقرآنُ العظيمُ الَّذي أُعطيتُه

 

 "Demi Tuhan yang jiwaku berada dalam genggaman-Nya. Allah tidak menurunkan di dalam Taurat, Injil maupun Zabur dan Alquran suatu surah seperti as-Sab al-Matsani." (HR Tirmidzi). //As-Sab’// berarti tujuh karena surat tersebut terdiri dari tujuh ayat. Kata //matsani// merupakan bentuk jamak dari kata mutsanna atau matsna yang secara harfiah berarti dua-dua. Yang dimaksud dengan dua-dua adalah surah itu dibaca dua kali setiap rakaat sholat, sebagaimana ibadah ini pertama kali diturunkan. 

 

Ø  ///Ummul Kitab// atau //Ummul Qur'an//

 

مَن صلَّى صَلاةً لم يَقرَأ فيها بأمِّ القُرآنِ  فهي صَلاةٌ  خِدَاجٌ  "Siapa yang shalat tanpa membaca Ummul Quran maka shalatnya khidaj (kurang atau tidak sah). (HR Bukhari). Kata //umm //dari segi bahasa berarti induk. Ia bagaikan asal dan sumber, serupa dengan ibu yang datang mendahululi anak serta merupakan sumber kelahirannya. 

 

Sumber: Tafsir Al-Misbah, Quraish Shihab

Pengolah: Nashih Nashrullah

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement