Ahad 04 Dec 2022 15:16 WIB

Keutamaan Dzikir

Dzikir akan membuat selalu teringat pada Allah.

Foto: republika
Keutamaan Dzikir

REPUBLIKA.CO.ID, Dzikir merupakan salah satu ibadah yang sangat ditekankan untuk Muslim. Pelaksanaan dzikir ini tak terbatas oleh waktu. Bisa dilakukan kapan saja? Dzikir pun mempunyai keutamaan. Apa saja keutamaan orang yang menjalani aktivitas berdzikir?

 

Syekh Ibnu Athaillah As-Sakandari, dalam kitab //al-Hikam//, menjabarkan tiga keutamaan yang akan diperoleh ahli dzikir, yaitu sebagai berikut: 

 

 

Ø  Pertama, Allah SWT akan menjadikan kalian sebagai ahli dzikir. Jika kalian benar-benar ikhlas ingin berdzikir kepada-Nya dan menjadi bagian dari golongan yang selalu mengingat¬-Nya, maka kalian akan mendapatkannya. Allah SWT akan menjadikan kalian sesuai dengan yang kalian inginkan sehingga, hati kalian akan dipenuhi cahaya-Nya, dan lisan kalian akan basah mengingat-Nya.   

 

Ø  Kedua, Allah SWT akan menjadikan kalian sebagai sosok yang akan selalu diingat. Jika kalian mengingat-Nya, maka Dia juga akan mengingat kalian. Jika kalian mengingat-Nya saat sehat, maka Allah akan mengingat kalian saat sakit. Jika kalian mengingat-Nya saat susah, maka Dia akan mengingat kalian saat kaya. Jika kalian mengingat-Nya di saat gelisah, maka Allah akan mengingat kalian di saat bahagia. Tentu banyak lagi karunia lainnya yang akan diberikan-Nya kepada kalian. Jika kalian rajin mengingat-Nya, maka Dia akan mencintai kalian. 

 

Ø  Ketiga, nama kalian akan disebut-sebut di sisi-Nya. Jika kalian rajin berdzikir kepada-Nya, maka nama kalian sudah tertera di sisi-Nya sebagai hamba yang istimewa. 

 

Sumber: Kitab Al-Hikam dan Penjelasannya, D A Pakih Sati Lc 

 

Penulis: Fuji Eka P

 

Pengolah: Nashih Nashrullah

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement