Ahad 20 Nov 2022 05:32 WIB

Infografis Makna Mitologi GWK Bagi Pemimpin Dunia G20

Patung GWK melambangkan pengorbanan melindungi orang terkasih.

Foto: Republika
Patung GWK

REPUBLIKA.CO.ID, Makan malam dengan suguhan lagu dan tari Indonesia yang kolosal sudah digelar bagi tamu undangan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di area Garuda Wisnu Kencana (GWK) Bali. Dalam kesempatan itu Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menjelaskan pula makna patung Garuda Wisnu Kencana kepada para pemimpin dan delegasi yang hadir.

* Jokowi mengatakan dalam mitologi Bali, patung GWK memiliki makna yang mendalam yang menjadi tugas para pemimpin dunia.

Baca Juga

* "Dalam mitologi Bali, patung besar ini bermakna cinta, tanggung jawab, keberanian dan kesetiaan. Ini adalah tugas kita semua kepada dunia dan kemanusiaan," kata Presiden Jokowi.

* GWK yang dibangun oleh I Nyoman Nuarta merupakan patung yang berwujud Dewa Wisnu sebagai Dewa Pemelihara dalam agama Hindu yang sedang mengendarai seekor burung Garuda.

* Dalam sejarah Hindu Bali ada cerita tentang burung Garuda yang ingin menyelamatkan ibunya dari perbudakan. Ia melakukannya dengan mengorbankan diri sebagai kendaraan Garuda yang dikendarai Dewa Wisnu sebagai tebusannya. Dewa Wisnu lalu melindungi burung Garuda karena telah menyelamatkan dan berkorban untuk ibunya dari perbudakan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement