Selasa 20 Dec 2022 11:19 WIB

Pedagang Kaki Lima Papalele di Tepian Zaman

Papalele merupakan profesi pedagang yang sudah ada sejak zaman kolonial di Ambon..

Rep: FB Anggoro/ Red: Yogi Ardhi

Seorang pedagang mengenakan kebaya Ambon yang kerap disebut papalele menjajakan kenari dan buah-buahan saat berjualan di Lorong Pos, Kota Ambon, Provinsi Maluku, Senin (19/12/2022). Papalele merupakan profesi pedagang yang sudah ada sejak zaman kolonial di Ambon, yang mayoritas adalah perempuan mengenakan kebaya Ambon dan kini keberadaan mereka semakin sedikit karena pergeseran budaya dan kalah bersaing dengan bisnis ritel modern. (FOTO : ANTARA FOTO/FB Anggoro)

Sejumlah pedagang berjualan dengan latar belakang mural bergambar pedagang berkebaya Ambon yang kerap disebut papalele di Lorong Pos, Kota Ambon, Provinsi Maluku, Senin (19/12/2022). Papalele merupakan profesi pedagang yang sudah ada sejak zaman kolonial di Ambon, yang mayoritas adalah perempuan mengenakan kebaya Ambon dan kini keberadaan mereka semakin sedikit karena pergeseran budaya dan kalah bersaing dengan bisnis ritel modern. (FOTO : ANTARA FOTO/FB Anggoro)

inline

REPUBLIKA.CO.ID, AMBON -- Sejumlah pedagang berjualan dengan latar belakang mural bergambar pedagang berkebaya Ambon yang kerap disebut papalele di Lorong Pos, Kota Ambon, Provinsi Maluku, Senin (19/12/2022).

Papalele merupakan profesi pedagang yang sudah ada sejak zaman kolonial di Ambon, yang mayoritas adalah perempuan mengenakan kebaya Ambon dan kini keberadaan mereka semakin sedikit karena pergeseran budaya dan kalah bersaing dengan bisnis ritel modern.

 

sumber : Antara Foto
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement