Ahad 25 Dec 2022 16:01 WIB

Waspadai Bahaya Lahar di Gunung Semeru

Waspada empat komponen yang dapat menyebabkan banjir lahar.

Foto: Antara
Waspadai Bahaya Lahar di Gunung Semeru

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengingatkan warga untuk mewaspadai bahaya banjir lahar yang kemungkinan dapat terjadi pada sepanjang aliran sungai-sungai kecil yang merupakan anak Sungai Besuk Kobokan di Gunung Semeru, Jawa Timur. Berikut ini rekomendasi PVMBG ke masyarakat.

- Masyarakat agar tidak beraktivitas pada jarak 13 kilometer sebelah tenggara di lereng Gunung Semeru

- Ketika awan panas guguran sudah berkurang ada bahaya lain yang mengintai, yaitu aliran lahar

- Waspada empat komponen yang dapat menyebabkan banjir lahar, yaitu curah hujan tinggi, ada material erupsi, sudut kemiringan yang tinggi, dan ada lembah.

- Masyarakat waspada terhadap aliran lahar yang akan terjadi mengingat curah hujan tinggi terutama pada Desember 2022 dan Januari 2023.

- Pada 4 Desember 2022, pemerintah sempat menaikkan status dari sebelumnya Level III atau Siaga menjadi Level IV atau Awas.

- Aktivitas vulkanik terpantau menurun pada 9 Desember 2022, pemerintah memutuskan menurunkan status gunung api itu menjadi Level III atau Siaga.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement