Rabu 28 Dec 2022 15:50 WIB

Indonesia-Vietnam Rampungkan Perundingan ZEE

ZEE adalah zona sejauh 200 mil laut dari garis pantai suatu negara.

Foto: Tim infografis Republika
Indonesia Vietnam rampungkan zona ZEE

REPUBLIKA.CO.ID, Indonesia dan Vietnam merampungkan perundingan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE).

 

ZEE adalah zona sejauh 200 mil laut dari garis pantai suatu negara dimana negara tersebut mempunyai hak atas kekayaan alam di dalamnya dan diatur dalam Konvensi PBB tentang Hukum Laut atau United Nations Convention on the Law of the Sea (UNCLOS).

 

Perundingan penetapan batas ZEE Indonesia-Vietnam pertama kali diadakan pada 21 Mei 2010. Pertemuan Teknis ke-15 Penetapan Batas ZEE Indonesia-Vietnam telah diselenggarakan di Ho Chi Minh City, Vietnam pada 26-27 September 2022.

 

Berdasarkan UU Nomor 5 Tahun 1983 tentang ZEE, selama berada dalam ZEE Indonesia, kebebasan pelayaran dan penerbangan internasional serta kebebasan pemasangan kabel dan pipa bawah laut diakui sesuai dengan prinsip-prinsip hukum laut internasional yang berlaku.

 

Perbatasan Indonesia-Vietnam terletak di Laut China Selatan di sebelah utara Kepulauan Natuna.

 

Indonesia telah membuat garis batas ZEE di sekitar Natuna pada peta resmi yang menjadi acuan dalam pengelolaan sektor perikanan tangkap, termasuk dalam penanganan illegal fishing.

 

Kedua negara telah menandatangani kesepakatan yang menetapkan batas laut untuk Zona Landas Kontinen pada 26 Juni 2003 di Hanoi, Vietnam, dan berlaku 2007.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement