Sabtu 31 Dec 2022 04:29 WIB

Pele, Sang Raja yang Telah Berpulang

Pele meninggal dunia pada 29 Desember 2022 dalam usia 82 tahun.

Foto: Dok Republika
Pele yang mendapatkan julukan O Rei (Sang Raja) meninggal pada 29 Desember 2022 dalam usia 82 tahun.

REPUBLIKA.CO.ID, Edson Arantes do Nascimento atau lebih dikenal dengan Pele berpulang pada usia 82 tahun, Kamis 29 Desember, di Rumah Sakit Israelita Albert Einstein, Sao Paolo, Brasil, setelah dirawat selama sebulan karena kanker usus. Brasil dan dunia sepak bola berduka dengan kepergian sang legenda peraih tiga Piala Dunia 1958, 1962, dan 1970.

Fakta Menarik Pele

- Orangtua Pele, Dondinho dan Celeste, menamai putra pertama mereka Edson, merujuk pada nama Thomas Alva Edison, salah satu penemu terbesar dalam sejarah. 

- Keluarganya memberinya nama panggilan 'Dico', tetapi ia mendapatkan julukan 'Pele' di sekolah karena kesalahan pengucapannya terhadap kiper Brasil, Bile. 

- Pele yang sebelumnya ingin menjadi pilot, bertekad menjadi pesepak bola pada usia sembilan tahun setelah melihat ayahnya menangis karena Brasil kalah pada Piala Dunia 1958.

- Inter Milan, Juventus, Manchester United dan Real Madrid telah mencoba untuk mengontrak Pele pada tahun 1961, pemerintah Brasil, di bawah Presiden Janio Quadros, menyatakan dia sebagai 'harta nasional resmi' demi melarang dia pindah ke luar negeri. 

- Akibatnya, Pele hanya membela Santos sebelum pada pengujung kariernya pindah ke Amerika Serikat membela New York Cosmos.

- Pele secara menakjubkan mencetak 127 gol untuk Santos dalam satu tahun kalender: 1959.

- Nomor 10 yang identik dengan Pele didapatkan secara kebetulan karena Brasil lupa mengirimkan nomor skuad mereka ke FIFA untuk Piala Dunia Swedia 1958. Nomor diberikan secara acak dan entah bagaimana Pele mendapatkan nomor 10 yang kemudian dia jadikan keramat di sepak bola.

- Pele adalah pencetak gol termuda, pencetak hat-trick termuda, pemain termuda di final, dan pencetak gol termuda di final dalam sejarah Piala Dunia.

- Pele menyukai musik sepanjang hidupnya dan menggubah ratusan lagu sejak awal 1960-an. 

 

sumber: FIFA+

pengolah: israr itah

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement