Jumat 13 Jan 2023 00:35 WIB

Infografis Waspada Bahaya Chiki Ngebul

Kemenkes RI telah mengeluarkan imbauan waspada bahaya konsumsi chiki ngebul.

Foto: Infografis Republika
Infografis Waspada Bahaya Chiki Ngebul

REPUBLIKA.CO.ID, Kemenkes RI menerima laporan kasus puluhan anak SD di beberapa daerah mengalami keracunan seusai menyantap chiki ngebul warna-warni. Beberapa kejadian di antaranya:

1.Pada Juli 2022 terjadi satu kasus pada anak yang mengkonsumsi ice smoke di desa Ngasinan Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo yang menyebabkan terjadinya luka bakar.

 

2. Pada 19 November 2022, UPTD Puskesmas Leuwisari Kabupaten Tasikmalaya melaporkan telah terjadi KLB keracunan pangan dengan jumlah kasus 23 orang, satu  kasus di antaranya dirujuk ke Rumah Sakit. Gejala timbul setelah mengkonsumsi jajanan jenis chiki ngebul.

 

3. Pada 21 Desember 2022, UGD Rumah Sakit Haji Jakarta melaporkan menerima pasien anak laki-laki berumur 4 tahun datang dengan keluhan nyeri perut hebat setelah mengkonsumsi jajanan jenis chiki ngebul.

 

Chiki ngebul merupakan jajanan kekinian yang banyak dijual dan dicari karena keunikannya. Saat dikonsumsi, chiki ngebul dapat mengeluarkan asap yang berasal dari nitrogen cair, yaitu nitrogen yang berada dalam keadaan cair pada suhu yang sangat rendah.

Cairan nitrogen jernih, tidak berwarna dan tidak berbau sehingga tidak mengubah rasa jika digunakan untuk makanan. Sensasi inilah yang membuat //chiki ngebul// banyak menarik perhatian sekaligus digemari masyarakat utamanya anak-anak.

Sumber: Kemenkes

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement