Sabtu 28 Jan 2023 01:33 WIB

Tips Batasi Konsumsi Garam

Konsumsi garam tidak boleh berlebih karena bisa sebabkan berbagai penyakit.

Foto: Republika.co.id
Konsumsi garam tidak boleh berlebih karena bisa sebabkan berbagai penyakit.

REPUBLIKA.CO.ID, Masak tanpa garam rasanya tentu hambar. Namun ingat, konsumsi garam tidak boleh berlebih karena bisa sebabkan berbagai penyakit, salah satunya hipertensi.

Ahli Gizi dan Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Esa Unggul-Jakarta, Nazhif Gifari, SGz, MSi menjelaskan salah satu caranya adalah dengan bijak garam. Yaitu aktivitas mengurangi konsumsi garam.

 

Tips batasi konsumsi garam

 

1. Baca label makanan di kemasan. Dengam begitu pilihlah makanan yang mengandung lebih sedikit garam.

 

2. Beli makanan segar. Usahakan konsumsi makanan segar, bukan makanan dengan pengawet.

 

3. Perbanyak konsumsi sayur dan buah. Sayur dan buah memiliki banyak vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh.

 

4. Batasi makanan kalengan. Makanan kalengan umumnya memiliki kandungn gula garam yang tinggi.

 

5. Kurangi daging olahan dan makanan asin.

 

Sumber: Republika

Pengolah: Red: Gita Amanda/

Rep: Desy Susilawati

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement