Selasa 21 Feb 2023 13:24 WIB

Tim SAR Hewan Ini Selamatkan Ratusan Peliharaan Korban Gempa

Tak hanya manusia, kucing, anjing, hingga ikan diselamatkan dari lokasi gemapa Turki..

Red: Yogi Ardhi

Anggota Humane Society International menyelamatkan seekor induk anjing dengan dan 5 anak anjing dari reruntuhan gempa di Provinsi Hatay, Turkey, 20/2/2023. (FOTO : EPA-EFE/ERDEM SAHIN )

Peristiwa Evakuasi Hewan Peliharaan Korban Gempa Turki 21 Feb 2023, 10:10 WIB Tim SAR hewan Turki dan internasional menyelamatkan hewan-hewan dari lokasi gempa. HATAY -- Gempa tidak hanya berdampak langsung kepada manusia. Hewan peliharaan yang berada di area gempa turut menjadi korban, baik karena terlantar kehilangan tempat berlindung, terluka, atau bahkan ikut menjadi tewas tertimpa reruntuhan. photoAnggota Humane Society International menyelamatan seekor induk anjing dengan dan 5 anak anjing dari reruntuhan gempa di Provinsi Hatay, Turki, (20/2/2023.) (FOTO : EPA-EFE/ERDEM SAHIN )

Relawan menangis setelah mengevakuasi hewan yang ditemukan ke rumah sakit lapangan khusus hewan yang didirikan Aktivis Perlindungan Hak Hewan Turki (HAYTAP) di Provinsi Hatay, Turkey, 20/2/2023 (FOTO : EPA-EFE/ERDEM SAHIN )

Dokter relawan Perlindungan Hak Asasi Hewan Turki (HAYTAP) merawat kelinci di RS lapangan khusus hewan di provinsi Hatay, Turki, Senin (20/2/2023). (FOTO : EPA-EFE/ERDEM SAHIN )

Relawan mengevakuasi sejumlah burung yang diselamatkan dari ke luar kota terdampak gempa di Provinsi Hatay, Turkey, 20/2/2023 (FOTO : EPA-EFE/ERDEM SAHIN )

Dokter relawan Perlindungan Hak Asasi Hewan Turki (HAYTAP) merawat kucing yang mengalami infeksi kuping di RS lapangan khusus hewan di provinsi Hatay, Turki, Senin (20/2/2023). (FOTO : EPA-EFE/ERDEM SAHIN )

Ikan tropis turut diselamatkan dari bangunan yang rusak akibat gempa di di Provinsi Hatay, Turkey, 20/2/2023. (FOTO : EPA-EFE/ERDEM SAHIN )

Relawan Hak Asasi Hewan Turki juga merawat seekor kucing yang selamat setelah terkubur reruntuhan gempa selama 10 hari di provinsi Hatay, Turki, Senin (20/2/2023). (FOTO : EPA-EFE/ERDEM SAHIN )

inline

REPUBLIKA.CO.ID, HATAY -- Gempa tidak hanya berdampak langsung kepada manusia. Hewan peliharaan yang berada di area gempa turut menjadi korban, baik karena terlantar kehilangan tempat berlindung, terluka, atau bahkan ikut menjadi tewas tertimpa reruntuhan.

Sejumlah Tim SAR hewan pun ikut turut tangan dalam penanganan hewan di area gempa bumi ini. Tim SAR hewan ini berasal dari komunitas penyayang hewan dalam dan luar Turki. 
 
Federasi Hak Asasi Hewan di Turkey, HAYTAP, telah menyelamatkan 700 berbagai jenis hewan di rumah sakit lapangan hewan. Binatang yang pemiliknya tidak bisa dihubungi lagi akan diadopsi setelah menjalani perawatan di rumah sakit. 
 
Tidak hanya tim SAR hewan lokal, sejumlah aktivis Humane Society International yang bergerak di bidang penyelamatan hewan terlantar turut mengevakuasi hewan-hewan terlantar di area gempa di Provinsi Hatay.
 
Hewan yang diselamat pun sangat beragam, tidak hanya kucing dan anjing yang dievakuasi, ikan, kelinci dan burung ikut diselamatkan dari lokasi gempa. Dua minggu pascagempa Turki dan Suriah angka korban jiwa telah mencapai 45.000. Angka ini dikhawatirkan akan terus  bertambah karena proses evakuasi dari reruntuhan gedung masih terus berlangsung.

sumber : EPA EFE
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement