Rabu 26 Apr 2023 01:49 WIB

Infografis Elektabilitas Bakal Cawapres 2024

Angka elektabilitas bakal cawapres tidak terlalu jauh berbeda..

Red: Andri Saubani

REPUBLIKA.CO.ID, Berdasarkan survei terbaru Indikator Politik Indonesia, ada lima sosok yang memiliki elektabilitas tertinggi sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres) 2024. Dari sosok tersebut empat di antaranya nama yang tak asing dalam bursa cawapres 2024, yakni Ridwan Kamil (RK), Sandiaga Uno, Erick Thohir, dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

"Ini Ridwan Kamil masih unggul. Disusul Sandi dan Erick," ujar Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi dalam pemaparannya secara daring, dikutip Kamis (20/4/2023).

Survei Indikator mencatat elektabilitas Ridwan Kamil (RK) berada pada angka 19,7 persen. Sosok gubernur Jawa Barat itu menjadi yang paling banyak dipilih oleh responden untuk menjadi cawapres.

Di bawah RK ada Sandiaga Uno yang mendapatkan dukungan dari 18,4 persen responden. Sementara dukungan untuk Erick Thohir berada cukup jauh dari RK maupun Sandiaga Uno, yakni 11,8 persen.

Di luar tiga nama tersebut, ada nama AHY, Khofifah Indar Parawansa, Puan Maharani, dan Muhaimin Iskandar dengan elektabilitas tidak sampai sepuluh persen.

"Elektabilitas cawapres juga tidak terlalu jauh bedanya terutama empat nama teratas. Ridwan, Sandi, Erick, dan AHY,” jelas dia.

Sementara itu, di posisi teratas elektabilitas sebagai capres, Indikator Politik Indonesia mendapati nama Prabowo Subianto dengan elektabilitas 22,2 persen, Ganjar Pranowo dengan elektabilitas 19,8 persen, serta Anies Baswedan dengan elektabilitas 15,9 persen.

”Dalam survei telepon kami setahun terakhir, baru kali ini Pak Prabowo kembali menyalip Ganjar Pranowo,” ungkap dia.

Indikator Politik Indonesia melaksanakan survei telepon itu dengan metode random digit dialing atau RDD. Secara keseluruhan ada 1.212 responden yang dilibatkan dalam survei tersebut.

Seluruhnya dipilih melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak, validasi, dan skrining. Margin of error dalam survei itu diperkirakan berada pada angka lebih kurang 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Sebelumnya, survei teranyar Lembaga Survei Indonesia (LSI) juga memunculkan lima nama bakal cawapres untuk Pilpres 2024. Kelima nama tersebut, yakni Ridwan Kamil, Sandiaga Uno, Erick Thohir, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), dan Khofifah Indar Parawansa.

"Untuk wakil presiden, nama dua terbesar itu masih Ridwan Kamil dan Sandi Uno," ujar Direktur Eksekutif LSI, Djayadi Hanan, dikutip Senin (10/4/2023).

Djayadi menjelaskan, dari hasil survei cawapres untuk 2024, Ridwan Kamil mendapat dukungan dari 19,6 persen responden, sementara Sandiaga Uno 18,9 persen. Mengekor di bawah keduanya Erick Thohir, AHY, dan Khofifah Indar Parawansa. Tapi, ketiga nama tersebut tak ada yang mendapat dukungan di atas 15 persen.

Hasil survei tersebut menunjukkan, sejauh ini belum ada perubahan dalam hasil survei untuk pengisi posisi cawapres. Nama gubernur Jawa Barat itu masih menjadi nama yang dinilai berpeluang paling kuat menjadi cawapres.

"Ini kalau kita menggunakan simulasi delapan nama. Nama-nama yang sering disebut sebagai bakal calon wakil presiden yang cukup kuat,” kata Djayadi.

Dalam survei tersebut LSI menggunakan metode RDD. Total responden yang mereka wawancarai sebanyak 1.229 orang yang dihubungi secara acak. Margin of error dalam survei tersebut berada pada angka kurang lebih 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement